Alamdar Online Foods: Chicken Karahi dan Biryani Mantap yang Ramah Kantong

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 26 Mar 2019 16:55 WIB
Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Di sini Anda bisa memesan sajian Pakistan lezat yang ramah di kantong. Ada chicken biryani hingga chicken karahi lengkap dengan aneka dessert gratis.

Awal Maret lalu, nama Alamdar Online Foods jadi perbincangan hangat. Terlebih di kalangan penyuka sajian khas Pakistan/India. Sebab kedai online itu menyajikan ragam sajian khas dari kedua negara itu dengan harga yang amat terjangkau.

Nama kedai online ini berhasil mencuri perhatian publik lewat unggahan akun Twitter @firahermana. Cuitan soal sajian Alamdar Online Food di akun itu disukai lebih dari 4 ribu pengguna.

Alamdar Online Foods: Chicken Karahi dan Biryani Mantap yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Dari unggahan tersebut, kedai online itu tampak menyediakan ragam pilihan menu. Seperti Chicken Biryani, Chicken Qabuli, Kofta Palow, Chicken Tandori, Persian Palow, Qeema, Nihari Beef hingga Chicken Kadahi. Harga rata-rata sajian yang ada berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 40.000.

Harganya makin terasa ramah di kantong lantaran tiap sajian yang dipesan sudah termasuk satu cup kecil hidangan penutup. Tentunya pilihan hidangan penutupnya khas Timur Tengah/India. Pilihannya mulai dari Custard Fruit, Kheer, Halwa Gajar, Double Metha, Gulab Jaman hingga Raitah.

Semua menu tersebut wajib dipesan sehari sebelumnya. Cara pemesanannya, cukup menghubungi kontak yang tertera. Hanya satu catatan yang diberikan akun Twitter tersebut, pemilik Alamdar Online Foods belum lancar menggunakan Bahasa Indonesia.

Alamdar Online Foods: Chicken Karahi dan Biryani Mantap yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Penasaran dengan cita rasa aneka sajian Pakistan/India murah milik Alamdar Online Foods, kamipun melakukan pemesanan lewat aplikasi WhatsApp. Kami berhasil menghubungi Hussain dan memesan tiga menu andalan, yakni Chicken Biryani, Chicken Curry, dan Beef Kofta.

Pria berdarah Pakistan itu menanggapi pesanan kami dengan cepat. Ia juga menanyakan tingkat kepedasan seluruh pesanan kami. Kabarnya usaha rumahan ini dijalankan Hussain bersama seorang temannya.

Usai memesan dan melakukan pembayaran, pesanan kami pun dikirim via aplikasi ojek online di hari yang sudah kami tentukan. Meski dikemas dalam styrofoam, aroma gurih kaldu dan rempah tetap tercium.

Alamdar Online Foods: Chicken Karahi dan Biryani Mantap yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Sebagai pembuka, kami mencoba Chicken Biryani (Rp 35.000). Aroma semerbak klabet, kunyit, cengkeh hingga aneka rempah lain mengelus hidung. Warnanya sendiri sama seperti nasi biryani di restoran Timur Tengah kebanyakan. Hanya saja porsinya cukup royal.

Meski begitu, rasa sajian berbahan nasi basmati ini ternyata lebih berempah. Selain itu, rasanya lebih pedas karena kami memesan semua sajian dengan label pedas.

Sedangkan ayamnya gurih dan lembut. Kami bahkan tidak kesulitan melepas daging dan tulangnya. Di menu ini, kami mendapat potongan ayam bagian dada.

Alamdar Online Foods: Chicken Karahi dan Biryani Mantap yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Hmmm.. Aroma gurih semerbak Chicken Karahi dengan roti pita berdiameter 30 centimeter (Rp 55.000) seakan memanggil untuk segera dicicip. Jika dilihat dari potongan ayamnya, kami memperkirakan bahwa menu ini berisi lebih dari setengah ekor ayam.

Di Pakistan dan India menu ini populer dengan nama 'Gosht Karahi'. Warna hidangan ini merah oranye dan kental.. Terlihat pula potongan cabe hijau memanjang yang menempel di beberapa sisi potongan ayam.

Rasanya gurih pedas dengan rempah yang ringan sehingga cocok di lidah kami. Daging ayamnya sendiri empuk juicy. Menurut kami, menu ini wajib Anda coba. Selain enak dilahap dengan roti pita, menu ini juga pas disandingkan dengan nasi putih.

Alamdar Online Foods: Chicken Karahi dan Biryani Mantap yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Kofta dengan selembar roti pita berukuran 30 cm (Rp 55.000) juga tak kami lewatkan. Isian hidangan ini berupa bola-bola daging sapi yang dipadu aneka rempah dengan warna kecokelatan. Sajian yang satu ini memiliki kuah yang lebih kental dan berbumbu. Rasanya sendiri gurih pedas cenderung asam tajam namun bertekstur lembut. Menu ini memang pas dimakan dengan roti pita. Nyam!

Karena kami memesan tiga menu, kami juga mendapat tiga hidangan penutup gratis. Hidangan penutup yang kami pilih antara lain Kheer, Custard Fruit, dan Halwa Gajar. Kheer merupakan puding nasi bertekstur lembut dengan rasa pedas hangat khas jahe. Rasanya makin enak jika dilahap bersama kismis Arab yang manis.

Alamdar Online Foods: Chicken Karahi dan Biryani Mantap yang Ramah KantongFoto: dokdetikFood/Dewi Anggraini

Custard Fruit juga tak kalah enak. Hidangan penutup yang satu ini lebih segar karena berisi aneka potongan buah. Mulai dari apel, anggur hingga stroberi. Sedangkan Halwa Gajar berisi serutan wortel. Bisa dibilang hidangan penutup yang satu ini merupakan manisan wortel sebab rasanya cendrung manis dengan rasa gurih yang samar.

Jadi, meski tanggal tua, sajian khas Pakistan/India yang ada di Alamdar Online Foods bisa tetap manjakan. Sebab semua sajian yang ada dijamin tak bikin kantong bolong. Ohya, kedai online ini juga menerima pemesanan untuk pesta ataupun acara lainnya. Selamat mencoba!

Alamdar Online Foods
Jl. Pengadegan Selatan lll 17-20 RT/5/RW4
Pengadegan, Pancoran
Jakarta Selatan
Telp: Hussain, +62857-9532-8754 (dwa/odi)