Bakmi Alek: Nyobain Bakmi Ayam Kampung dan Sengkel Sapi yang Top

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 10 Des 2018 15:49 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Pencinta bakmi wajib coba bakmi buatan Bakmi Alek. Ada yang original dengan topping ayam kampung hingga sengkel sapi yang kenyal lembut.

Bakmi Alek populer di media sosial karena kreasi bakmi uniknya. Mengusung konsep 100% halal dan 100% ayam kampung, bakmi ayam kampung jadi andalan di sini.

Meski begitu, ada juga bakmi kekinian yang wajib dicoba. Mulai dari bakmi urat sapi plus sengkel sapi, bakmi salmon aburi, bakmi sirloin, hingga bakmi aglio olio seafood.

Gerai Bakmi Alek ada di kawasan Meruya Ilir, Jakarta Barat. Namun kalau tak sempat menyambanginya, bisa pesan lewat GO-FOOD.

Bakmi Alek: Nyobain Bakmi Ayam Kampung dan Sengkel Sapi yang TopBakmi ayam kampung buatan Bakmi Alek (Foto: dok. detikFood)

Seporsi Bakmi Ayam Kampung (Rp 35.000) tak kami lewatkan. Saat memesan ada pilihan mie keriting dan karet. Kami menjatuhkan pilihan pada mie keriting yang jadi favorit kami.

Nampak porsi bakmi lumayan banyak dengan kaldu disajikan dalam plastik terpisah. Hmmm... Tampilan mie keritingnya menggoda karena mengilap dari pemakaian minyak. Ada pula irisan ayam kampung, tiga pangsit dan sayuran selada melengkapi bakmi.

Sesuai dugaan, bakmi terasa kenyal dan mulur. Pas dengan selera kami yang memang tidak suka bakmi lembek. Hanya saja ragam bumbu dan minyak yang membalut bakmi terasa asin di lidah kami.

Untungnya hal itu 'terselamatkan' dengan topping ayam kampung yang jadi primadona! Irisannya besar, tebal, dan cukup royal. Dagingnya begitu kesat dan empuk dengan jejak gurih enak. Selain karena pemakaian ayam kampung, kami menduga rasa gurih ini berasal dari penggunaan bumbu sederhana seperti bawang putih dan garam.

Slurpp! Kaldu ayam kampung buatan Bakmi Alek juga enak. Yang kami suka gurihnya ringan dengan jejak minyak yang tak terlalu banyak. Pas jadi pendamping bakmi. Oh ya, penyuka pangsit juga dijamin puas dengan isian ayam yang royal di sini.

Bakmi Alek: Nyobain Bakmi Ayam Kampung dan Sengkel Sapi yang TopBakmi urat sapi dan sengkel sapi yang kenyal juicy (Foto: dok. detikFood)

Bakmi Urat Sapi dan Sengkel Sapi (Rp 50.000) tak kalah menggoda. Potongan urat dan daging sengkelnya berwarna cokelat gelap. Diselingi taburan daun bawang dan ragam sayuran selada yang memikat selera.

Untuk mienya yang dipakai juga mie keriting. Bedanya balutan bumbunya terasa lebih enak karena tidak seasin bakmi ayam kampung. Saat disuap bersama urat dan sengkel sapi, bakmi ini terasa gurih, kenyal dan juicy. Mantap!

Yang juga jadi favorit di Bakmi Alek adalah Baso Goreng Karage (Rp 10.000 per buah). Ukurannya lumayan besar dengan warna permukaan cokelat gelap.

Bakmi Alek: Nyobain Bakmi Ayam Kampung dan Sengkel Sapi yang TopBaso Goreng Karage dengan isian daging dan kulit ayam kampung (Foto: dok. detikFood)

Nyamm! Bakso ini terasa garing di luar namun empuk dan kenyal di dalam. Untuk adonannya berisi cincangan daging dan kulit ayam kampung. Kami menyukai bakso ini karena komposisi adonan daging dan kulit ayam kampung lebih banyak dibanding tepungnya. Paling pas dicocol sambal pedas asam.

Untuk pencinta bakmi tak ada salahnya mampir makan bakmi enak di sini. Bakmi Alek buka hingga pukul 9 malam. Soal harga yang relatif tinggi, kami rasa sepadan dengan kualitasnya. Mampir, yuk!

Bakmi Alek
Meruya Ilir Raya Nomor 23
(Dekat Apartemen Belmont Residence)
Telepon: ‭081398553290

(adr/odi)