Siomay Mami: Ngemil Siomay Rawit dan Siomay Colok yang Gurih Kenyal

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 06 Agu 2018 16:21 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
Jakarta - Selain batagor, siomay juga jadi primadona. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal makin enak dicelup saus kacang. Kini siomay juga bisa dibeli secara online.

Dari sekian banyak penjual siomay online, @siomay.mami tampil berbeda. Akun ini menjual empat varian siomay dengan andalan siomay tampah. Melihat logonya, Siomay Mami ternyata sudah ada sejak tahun 1988.

Dikutip dari situs resminya, nama Siomay Mami diambil dari nama sang pencipta resep, Mami Gwan Sidharta. Awalnya ia membuka sebuah kantin dengan banyak menu makanan termasuk siomay. Kala itu siomay buatannya ternyata laris di kalangan siswa sekolah.

Sehingga begitu kantinnya tutup banyak orang yang menanyakan siomay buatannya. Karenanya Mami Gwan membuka usaha kuliner rumahan dengan menu utama siomay. Hingga terciptalah Siomay Mami.

Sudah banyak orang yang mencoba siomay buatan akun @siomay.mami. Tak heran kalau saat ini, akun tersebut sudah memiliki 12.3 ribu followers.

Siomay Mami: Ngemil Siomay Rawit dan Siomay Cilok yang Gurih Kenyal Foto: dokdetikFood
Ada empat varian siomay yang ditawarkan. Ada siomay original, siomay keju, siomay sosis, dan siomay rawit. Selain itu, tersedia kreasi siomay unik bernama Silok alias 'Siomay Colok' dengan pilihan rasa silok, original dan rawit.

Penasaran dengaan rasa siomay dan siloknya, detikFood memesan keduanya. Siomay Mami hanya melayani pemesanan secara online. Jadi kami menghubungi nomor yang tertera di Instagram dan situs resminya.

Kami mencoba semua varian siomaynya. Mulai dari Siomay Original (Rp 6.500/pcs), Siomay Keju (Rp 7.500) serta Siomay Rawit dan Siomay Sosis (@Rp 7.000/pcs).

Siomay Mami: Ngemil Siomay Rawit dan Siomay Cilok yang Gurih Kenyal Foto: dokdetikFood
Siomaynya tersaji dalam kotak dengan paduan warna merah dan putih. Begitu kami buka, siomay berukuran cukup besar dan gendut terlihat menggiurkan. Hmmm... aroma gurih khas ikan tenggiri langsung tercium. Membuat kami tak sabar ingin melahapnya.

Masing-masing varian punya topping berbeda. Untuk original ber-topping irisan wortel, keju bertopping keju cheddar parut, sosis ber-topping sekaligus berisi sosis, dan rawit be-rtopping irisan cabe rawit. Siomay dengan beragam topping ini terlihat cantik!

Soal rasa, gurih ikan di siomay original sangat kuat terasa. Tekstur adonan ikan tenggirinya terbilang padat dan kenyal. Rasanya makin enak dan gurih begitu ditambah saus kacang yang kental. Apalagi ditambah perasan jeruk limau. Mantap!

Siomay Mami: Ngemil Siomay Rawit dan Siomay Cilok yang Gurih Kenyal Foto: dokdetikFood
Siomay sosis dan kejunya terbuat dari adonan yang sama. Hanya saja dibuat tak terlalu padat. Siomay sosis berisi potongan sosis daging sapi. Sehingga rasa adonan gurih ikan bercampur dengan gurihnya sosis.

Sedangkan siomay keju, tak hanya ber-topping keju parut. Bagian dalamnya juga berisi potongan keju. Awalnya kami pikir berisi keju mozzarella, ternyata isinya berupa potongan keju cheddar. Isian kejunya terbilang melimpah. Sehingga rasa keju agak dominan. Namun begitu dipadu dengan bumbu kacang, rasanya asin gurih sedikit asam muncul. Ini karena penambahan perasan jeruk nipis.

Siomay Mami: Ngemil Siomay Rawit dan Siomay Cilok yang Gurih Kenyal Foto: dokdetikFood
Ini dia yang kami tunggu, siomay rawit. Awalnya kami pikir varian ini merupakan siomay original yang diberi isian cabe rawit. Ternyata adonan siomaynya sudah dipadu dengan gilingan cabe rawit. Sehingga terdapat bercak warna merah pada siomay rawit. Begitu kami gigit, rasanya cukup pedas. Apalagi saat melahap somay beserta toppingnya. Namun tekstur siomay rawit lebih lembut dibanding varian lain.

Siomay Mami: Ngemil Siomay Rawit dan Siomay Cilok yang Gurih Kenyal Foto: dokdetikFood
Kami juga tak melewatkan Silok Original (Rp 20.000/pcs) dan silok rawit (Rp 23.000/pcs). Kedua silok ini dibungkus dalam mangkuk plastik bentuk bundar. Ini adalah adonan siomay original yang dibentuk seperti bakso berukuran kecil. Keduanya sama sama bertekstur lembut. Namun rasa gurih ikan tak begitu terasa di keduanya.

Selain itu, keduanya juga sama sama dipadu dengan bumbu kacang. Tapi bedanya, silok rawit punya rasa yang lebih pedas.

Selain bisa dibeli satuan, tersedia juga siomay tampah dan silok tampah. Harganya berkisar dari Rp 260 ribu hingga Rp 800 ribu. Oh ya, pemesanan siomay dilakukan H-1. Jadi, kalau sedang ingin makan siomay enak tanpa keluar rumah, Siomay Mami bisa jadi pilihan yang pas.

Siomay Mami
WA: 0812 8568 1688
Web: https://siomaymami.com/ (dwa/odi)