Bakpiaku: Ada Oleh-oleh Kekinian Khas Jogja, Bakpia Keju, Matcha hingga Cappuccino

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 07 Mei 2018 17:25 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Yogyakarta - Liburan ke Jogja jangan lupa bawa oleh-oleh khasnya. Bakpia jadi salah satu kue favorit para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Rasanya beragam dan enak!

Bakpia memang telah lama menjadi salah satu oleh-oleh ikonik di Jogja. Ada banyak sekali penjual bakpia, yang terkenal seperti Pathok 25 hingga Kurnia Sari. Jika diceritakan dari asal usulnya, bakpia ini merupakan kue khas China yaitu Tou Luk Pia dengan isian kacang hijau.

Diperkenalkan di Yogyakarta, produksi bakpia mulai dibuat di Kampung Pathuk sekitar tahun 1948 sehingga disebut bakpia pathuk.

Bakpiaku: Ada Oleh-oleh Kekinian Khas Jogja, Bakpia Keju, Matcha hingga CappuccinoKemasan bakpia yang unik. Foto: detikFood

Bisa dikatakan sebagai pendatang baru Bakpiaku kini bisa jadi pilihan oleh-oleh Yogyakarta. Pilihan isiannya juga lebih modern dan bervariasi. Mulai dari keju, cokelat, susu, cappuccino, matcha hingga kacang hijau. Tersedia dua ukuran yaitu isi 5 (Rp 15.000) dan 10 (Rp 25.000).

Aneka rasa Bakpia yang dipesan detikFood.Aneka rasa Bakpia yang dipesan detikFood. Foto: detikFood

Penasaran dengan rasanya, detikFood memesan bakpia ini secara online. Kami mencoba rasa keju, kacang hijau, cappuccino dan matcha dengan isi 5 buah. Soal kemasan Bakpiaku memang agak berbeda dengan yang lain. Bakpia isi 5 kemasannya warna-warni dengan bentuk seperti bungkus permen, cantik!

Baca juga: Mana Bakpia Kacang Hijau Paling Lembut dan Legit?

Bakpiaku: Ada Oleh-oleh Kekinian Khas Jogja, Bakpia Keju, Matcha hingga CappuccinoBakpia Matcha dan Cappuccino dalam Kemasan Isi 5 Foto: dok. detikFood

Dipadu dengan secangkir teh, bakpia dengan rasa cappuccino bisa jadi pilihan. Tekstur adonan bakpianya lembut dan mudah hancur. Berlapis tipis, adonan kulit bakpianya tidak memiliki rasa namun beraroma khas adonan panggang yang nikmat.

Isian cappuccinonya sangat tebal dan bertekstur lengket. Rasanya manis cokelat dengan semburat aroma kopi yang nikmat. Ketika dikunyah, terasa lengket tapi enak dengan isian yang royal.

Pencinta matcha, wajib coba nih. Isian matcha berwarna hijau lumut ini memiliki rasa yang cukup enak. Terdapat aroma matcha yang khas dengan sensasi rasa pahit yang ringan. Meskipun manis sedikit pahit khas matcha, pecinta matcha pasti suka dengan rasa ini. Nyam!

Kalau rasa yang satu ini justru tak boleh Anda lewatkan. Bakpia dengan rasa kejunya memang juara! Wah, ketika di belah terlihat isian adonan keju dengan warna kuning keemasan. Aroma kejunya tercium samar-sama di hidung, hmm tak sabar ingin mencicipnya.

Ketika digigit, paduan rasa keju yang gurih dengan campuran rasa manis berpadu sempurna di mulut. Rasa ini menjadi salah satu favorit kami.

Selain bakpia rasa kekinian yang sudah dicicip, kami juga mencoba bakpia kacang hijau. Isian warnanya putih agak kuning yang makin enak dinikmati bersama dengan kulit lumpia yang kering dengan tekstur kacang hijau lembut yang manis enak.

Bakpiaku: Ada Oleh-oleh Kekinian Khas Jogja, Bakpia Keju, Matcha hingga CappuccinoBakpia Kacang Hijau dan Bakpia Keju Buatan Bakpiaku Foto: dok. detikFood

Kalau bisa digambarkan, menurut kami bagian kulit bakpia ini hampir mirip dengan bakpia Pathok namun isiannya mirip seperti bakpia Kurnia Sari. Meskipun begitu, ada perbedaan sedikit karena masing-masing bakpia memiliki ciri khas.

Selain bisa dipesan secara online, bakpia ini juga bisa dibeli di beberapa tokonya yang berada di Jalan Gajah Mada No. 60, Jogja, Jalan Solo KM. 9, Jogja dan di Jalan Kaliurang KM. 5.

Bakpia dengan rasa keju, cokelat dan cappuccino bisa bertahan hingga 14 hari dan matcha serta kacang hijau bisa 7 hari. Jadi bisa jadi pilihan oleh-oleh enak untuk keluarga di rumah!

Bakpiaku
WA: 085725799999
Buka: 07.00-22.00

Baca juga: Kini di Yogyakarta Ada WW Pia Series, Camilan Berbahan Premium

(adr/adr)
Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu

Menu Ke-8 : Olahan Telur Puyuh yang Sedap, dari Sambal Goreng hingga Sup Tofu