Seblok Kabita: Aduh Sedapnya! Seblak Cilok dengan Isian Bakso dan Tetelan

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 10 Okt 2017 17:14 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Tak bisa bikin seblak? Dengan seblak kemasan ini semua bisa sajikan seblak enak. Cukup campurkan bahan, Anda bisa menikmati semangkuk seblak enak.

Sedang ngidam seblak khas Bandung? Langsung saja memesan Seblok Kabita. Ini merupakan merek seblak homemade yang dikemas sedemikian rupa sehingga Anda bisa dengan mudah meraciknya di rumah tanpa harus menyiapkan bumbu terlebih dahulu. Menjualnya secara online, menunya terdiri dari seblok original, seblok bakso, seblok ceker, seblok tetelan, seblak cilok hingga cilok bumbu kacang.

Baca juga: Seblak Jeletet Murni: Antre 2 Jam Demi Mencicip Seblak Super Pedas di Pademangan

Kemasan seblok dan cilok.Kemasan seblok dan cilok. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood


Seblok ini adalah singkatan dari seblak cilok. "Jadi kalau kita selalu ada ciloknya, sementara kalau seblak rata-rata hanya kerupuk aja," tutur Ais, pemilik Seblak Kabita.

Penasaran dengan rasa sebloknya, kamipun memesan seblok bakso (Rp 17.000) dan seblok tetelan (Rp 20.000). Keduanya memiliki isian yang hampir sama yaitu kerupuk, cilok, batagor, siomay mini, bumbu dan sambal yang sudah dikemas rapih dalam plastik vacum kedap udara. Dan untuk masing-masing sebloknya ditambah dengan bakso atau tetelan.

Ini isian seblok tetelan sebelum dimasak.Ini isian seblok tetelan sebelum dimasak. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Dikemas apik, Anda bisa mengikuti cara pembuatan yang ada didepan kemasannya. Pertama-tama tumis bumbu basah dan tambahkan sambal. Kemudian campurkan air dan masukkan semua isiannya. Tambahkan bumbu bubuk dan masak hingga matang. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lainnya yang tersedia di rumah seperti ceker, mie ataupun telur.

Seblok bakso dengan kuah oranye yang gurih hangat.Seblok bakso dengan kuah oranye yang gurih hangat. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Untuk seblok bakso, detikFood menambahkan telur ke dalam sajiannya. Hasilnya, kuah seblak yang berwarna oranye kemerahan ini memiliki tekstur kuah yang lebih kental. Sluurp! Kuahnya hangat dengan sensasi rasa pedas yang mantap. Makin enak dinikmati bersama dengan cilok dan bakso yang empuk kenyal.

Seblok tetelan yang gurih.Seblok tetelan yang gurih. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Sedangkan untuk seblok tetelan, kami tak menambahkan telur sehingga kuahnya lebih tak terlalu kental. Walaupun begitu, dari segi rasa keduanya memiliki rasa yang sama. Ada jejak bumbu bawang putih dengan semburat ringan kencur yang lamat-lamat. Wah, memang cocok dipadu dengan batagor empuk dan cilok yang kenyal. Rasa tetelannya pun membuat kuahnya terasa lebih gurih.

Cilok kenyal dengan siraman bumbu kacang.Cilok kenyal dengan siraman bumbu kacang. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Selain seblok, ada juga cilok (Rp 15.000). Terdiri dari 14 buah cilok, Anda cukup mengukusnya hingga matang dan menuangkan bumbu kacang yang sudah dikemas dalam plastik. Teksturnya kenyal dengan isian berupa tetelan yang gurih dan makin sedap dicocol dengan bumbu kacang yang gurih. Nyam!

Baru menjual seblok secara online sekitar 7 bulan lalu, sang pemilik mengaku sebagai penggemar seblak dan memang sebelumnya berjualan seblak dan cilok di kantin sekolah. "Tiba-tiba terlintas saja untuk berjualan seblok online yang benar-benar homemade," jelas Ais, pemilik Seblok Kabita kepada detikFood.

Tidak menggunakan bahan pengawet, Ais memproduksi bahan-bahan untuk sebloknya setiap hari. Dalam sebulan, ia mampu menjual sekitar 1.500 bungkus. "Sudah banyak yang pesan, pengiriman hampir seluruh Indonesia," pungkas Ais.

Jika Anda ingin menikmati seblok ini, bisa memesannya via online melalui instagram seblokkabita. Disarankan untuk menyimpan sebloknya dalam freezer langsung setelah sampai. Ini bisa membuat seblok tahan lama hingga 1 bulan.

Baca juga: Sore Ini Enaknya Bikin Seblak Bawang dan Ramen Keju Pedas (lus/odi)
Load Komentar ...