konsultan
Odilia Winneke
Pakar Kuliner


Cara Bikin Tempe Mendoan yang Gurih Enak

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 08 Agu 2019 11:45 WIB
Foto: dok. DetikFood Foto: dok. DetikFood
Jakarta - Tanya:

Saya dan keluarga penyuka makanan dari tempa/ Salah satunya tempe mendoan. Pernah beberapa kali bikin sendiri tetapi rasanya kok tepung banget dan ngga ada gurih-gurihnya sama sekali. Kira-kira ada ngga rahasia bikin tempe mendoan enak?

Chrisyanti AR- Malang

Jawab:

Tempe mendoan merupakan jajanan khas Banyumas dan Purwokerto, Jawa Tengah. Sesuai dengan namanya 'mendo' artinya 'setengah matang', tempe ini memang digoreng setengah matang. Lapisan tepungnya agak basah atai setengah matang. Tak heran jika rasanya tepung banget. Kalau mau bikin sendiri caranya juga tidak sulit.

Cara Bikin Tempe Mendoan yang Gurih EnakFoto: dok. DetikFood


Pertama siapkan tempe berkualitas bagus. Umumnya yang dipakai tempe yang dibuat khusus buat mendoan, dibungkus daun dengan ukuran 20x15 cm. Atau bisa memakai tempe balok dan iris tipis seukuran 20x15 cm.

Untuk adonan tepungnya, siapkan bumbu halusnya berupa 3 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 1/2 sdt ketumbar, 1 sdt garam dan 1/2 sdt merica. Campurkan bumbu halus ini dengan 100 g tepung beras, 100 g tepung terigu, aduk hingga rata. Tuangkan air secukupnya hingga menjadi adonan encer. Terakhir tambahkan 2 sdm daun bawang yang diiris halus. Jumlah bumbu disesuaikan dengan jumlah tempenya.

Cara Bikin Tempe Mendoan yang Gurih EnakFoto: dok. DetikFood


Selanjutnya, celupkan irisan tempe ke dalam adonan tepung lalu goreng dalam minyak panas dan banyak. Jika tepung sudah beku mulai mengering, angkat segera dan tiriskan. Kalau tak suka rasa tepung yang kuat, biarkan beberapa menit hingga tepung sedikit kuning lalu angkat. Sebaiknya santap saat mendoan masih hangat. Siapkan sambal cocolannya berupa cabai eawit yang digerus kasar dengan bawang putih dan aduk dengan kecap manis.

Simak Video "Sambal Tempe Pedas Gurih, Bikin Nasi Hangat Cepat Habis"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)