Menu Harian Ramadhan Ke-29 : Sahur Praktis dengan Kentang Mustofa

Devi Setya - detikFood Jumat, 22 Mei 2020 08:30 WIB
crispy home-made french fries or potato chips served in a white ceramic bowl, on wooden chopping block with peeler and potato. Foto: Istock
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat
Jakarta -

Lebaran tinggal menghitung hari, meskipun lebaran hanya di rumah. Sajian istimewa harus tetap bisa dinikmati keluarga inti, ada kentang mustofa dan sambal goreng ati.

Kentang mustofa bisa jadi hidangan sahur praktis sekaligus lauk pelengkap di hari Lebaran. Buat banyak sekaligus agar keluarga bisa menikmati enaknya kentang mustofa ini.

Untuk menu berbuka puasanya bisa pilih kolang kaling gula aren. Manisan kolang kaling ini punya rasa manis legit yang pas jadi takjil. Kamu juga bisa membuat kolang kaling ini sebagai kudapan di hari lebaran.

Untuk makan malamnya, coba pilih sambal goreng ati yang pedas gurih. Gunakan ati sapi segar yang dipotong dadu, kamu juga bisa menambahkan irisan petai untuk membuat sambal ati jadi menggoda.

Berikut beberapa menu Ramadhan spesial jelang Lebaran yang bisa kamu buat di rumah.

1. Sahur : Kentang Mustofa

Cara Membuat Kentang MustofaCara Membuat Kentang Mustofa Foto: detikcom


Kentang goreng renyah yang satu ini memang sulit ditolak. Teksturnya renyah dengan sensasi rasa pedas manis bikin makan jadi lahap. Kentang mustofa bisa dibuat stok makanan saat puasa, tapi sekarang bisa juga jadi lauk pelengkap saat Lebaran.

Buat sekaligus dalam jumlah banyak agar bisa jadi lauk sahur sekaligus lauk pelengkap ketupat sayur. Asal disimpan dalam wadah kedap udara, kentang ini awet tahan lama. Yuk bikin kentang mustofa dengan resep ini.

2. Berbuka Puasa : Manisan Kolang-kaling Gula Aren

Manisan Kolang-kaling Gula ArenManisan Kolang-kaling Gula Aren Foto: detikcom


Bosan makan kolak? Kamu bisa membuat manisan kolang-kaling sebagai takjil. Kalau biasanya manisan ini dibuat dengan sirup merah, kali ini rasanya berbeda karena menggunakan gula aren.

Manis legit gula aren bikin manisan kolang-kaling bisa juga jadi kudapan manis di hari Lebaran. Mumpung masih ada waktu, bikin manisan kolang kaling dengan resep ini yuk. Harum manis kolang-kaling bikin momen lebaran tambah manis.

Baca juga : Gampang Banget! Buat Sendiri Saja Manisan Kolang-kaling Kenyal Legit Ini


3. Makan malam : Sambal Goreng Ati

Sambal Goreng Hati SapiSambal Goreng Hati Sapi Foto: detikfood


Hidangan satu ini bisa jadi menu makan malam spesial di akhir Ramadhan. Sambal goreng ati yang pedas dengan bumbu nendang ini paling enak dimakan bersama nasi putih hangat.

Kamu bisa menambahkan kentang atau pete agar sambal goreng ati jadi makin spesial. Tingkat kepedasan menu ini juga bisa disesuaikan dengan selera ya. Resep ini bisa panduan untuk membuat sambal goreng ati yang enak.

Baca juga : Agar Kering Kentang Hasilnya Garing dan Renyah, Perhatikan 6 Tips Penting Ini



Simak Video "Bikin Ngiler! Mie Sarden Keju, Cocok untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat