Menu Harian Ramadhan ke-13 : Buka Puasa dengan Mie Bakso Berkuah Gurih

Devi Setya - detikFood Rabu, 06 Mei 2020 08:30 WIB
bakso, meatball soup with noodles, indonesian cuisine Foto: iStock
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat
Jakarta -

Siapa yang bisa menolak bakso kenyal gurih dengan kuah hangat? Menu satu ini bisa jadi sajian berbuka puasa menggugah selera.

Banyak penjual bakso terpaksa menutup warungnya. Tapi bukan berarti kamu tak bisa makan bakso. Daripada beli, mending bikin sendiri bakso sapi kenyal yang rasanya gurih dilengkapi kuah kaldu.

Sebelum makan bakso, isi dulu perut dengan segelas susu kurma. Paduan kurma dan susu yang kaya nutrisi siap mengganti energi setelah seharian berpuasa. Apalagi minuman ini mudah dibuat.

Menu sahurnya bisa pilih brokoli saus tiram yang pas disantap hangat dengan nasi putih. Selain enak, brokoli ini mudah dibuat jadi pas dijadikan menu sahur praktis.

Berikut rekomendasi menu sahur dan buka puasa yang bisa jadi pilihan.

1. Menu sahur : Brokoli Saus Tiram

High angle view of a bowl of shrimp stir fry with green beans, broccoli and bell peppers Foto: iStock


Kandungan serat yang banyak pada brokoli mampu menjadi cadangan energi selama berpuasa. Brokoli makin menggoda kalau dimasak dengan bumbu saus gurih asin. Kamu bisa mengandalkan saus tiram sebagai bumbu utamanya.

Supaya brokoli makin menggoda, padukan dengan udang atau jamur. Masak brokoli sesaat sebelum sahur agar masih hangat dan aromanya sedap menggoda. Berikut resep brokoli saus tiram yang bisa dicoba.

Baca juga : 2 Resep Omelet Brokoli yang Renyah Gurih Untuk Sarapan


2. Buka puasa : Susu kurma

Cara Membuat Susu KurmaCara Membuat Susu Kurma Foto: iStock


Bosan makan kurma biasa? Saatnya mengolah jadi minuman segar kaya nutrisi. Campuran susu dan kurma bisa jadi pilihan menu berbuka puasa yang pas. Porsinya tidak terlalu banyak sehingga tetap nyaman di perut.

Kandungan gula alami pada kurma bisa menggantikan energi tubuh dengan cepat. Belum lagi kandungan susunya yang kaya kalsium dan protein. Untuk membuat susu kurma ini, kamu hanya membutuhkan susu segar, kurma dan es batu. Yuk bikin susu kurma dengan resep ini.

Baca juga : Bikin Bakso Sapi, Udang dan Ayam Sendiri di Rumah dengan Resep Ini


3. Makan malam : Mie Bakso Sapi

Bakso SapiBakso Sapi Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto


Kalau kangen makan bakso, mending bikin sendiri di rumah. Kamu bisa membuat bakso kenyal yang rasanya gurih. Lengkapi dengan mie, bihun, tauge, dan sawi.

Jangan lupa sajikan dengan sambal, saus dan kecap manis. Agar kuah kaldunya gurih mantap, buat rebusan dari tulang sapi. Mie bakso komplet siap jadi menu makan malam setelah berbuka puasa. Resep ini bisa jadi panduan membuat mie bakso enak.




Simak Video "Viral Bakso Jumbo dengan Kuah Rawon yang Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Resep Ramadhan Lezat

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com