ADVERTISEMENT

Menu Harian Ramadhan ke-11 : Buka Puasa dengan Otak-otak Buatan Sendiri

Devi Setya - detikFood
Senin, 04 Mei 2020 08:30 WIB
fresh fish fillet on wooden board, top view
Foto: iStock
Jakarta -

Manfaatkan waktu untuk masak menu sahur hingga berbuka puasa. Mumpung masih berkegiatan di rumah. Masakan sendiri pastinya lebih enak.

Menu tumisan banyak diandalkan sebagai menu sahur karena mudah diolah. Seperti tauge cah jamur yang praktis dan enak. Menu ini juga murah meriah.

Untuk sajian berbuka puasa coba buat otak-otak ikan tenggiri sendiri di rumah. Dengan bahan yang bagus, otak-otak buatan sendiri tak kalah dengan yang dijual di pasaran lho.

Nah untuk menu makan malamnya bisa masak bawal balado yang gurih pedas. Santap bersama keluarga tercinta. Saat perut kenyang, dijamin tidur jadi nyenyak.

Menu sahur dan berbuka ini bisa dibuat sendiri di rumah.

1. Sahur : Tauge cah jamur

Tauge Cah JamurTauge Cah Jamur Foto: Dok.Tastemade


Tumisan yang satu ini mudah dibuat, enak dan murah meriah. Semua pasti suka makan sahur dengan tauge cah jamur yang hangat yang dimasak dadakan.

Paduan tauge, jamur merang dan jamur enoki makin menggoda dengan racikan bumbu gurih asin. Kamu juga bisa menambahkan tahu atau bakso pada tumisan ini. Coba buat tauge cah jamur dengan resep ini.

Baca juga : Memilih Ikan Tenggiri Segar

2. Berbuka puasa : Otak-otak tenggiri

Otak-otak ikan tenggiri saus kacangOtak-otak ikan tenggiri saus kacang Foto: Semua Bisa Masak TransTV


Kenyal gurih otak-otak ikan tenggiri memang paling pas dijadikan menu berbuka puasa. Apalagi ditambah harum aroma bakaran dan daun pisang. Dinikmati hangat saat berbuka puasa tentu bikin nagih.

Apalagi otak-otak juga dilengkapi saus kacang yang pedas legit. Bikin otak-otak tenggiri ini gampang, kamu bisa membuatnya dengan resep ini. Awas ketagihan!

3. Makan malam : Ikan bawal balado

Fried pomfret fish and rice, popular traditional Malay or Indonesian local food.Fried pomfret fish and rice, popular traditional Malay or Indonesian local food. Foto: iStock


Bukan hanya telur atau daging yang enak dimasak dengan bumbu pedas balado. Ada ikan bawal goreng yang juga tak kalah menggoda selera saat disajikan dengan lumuran sambal balado.

Supaya rasanya makin enak, goreng ikan bawal hingga kering sebelum dicampur bumbu balado. Ikan bawal balado bikin kalap makan saat disantap dengan nasi putih hangat. Tergoda mencoba? Ikan bawal balado bisa dibuat dengan resep ini.

Baca juga : Resep Sambal : Jengkol Balado



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT