Menu Harian Ramadhan ke-3 : Sahur Mantap dengan Ikan Asap Bumbu Cabe

Devi Setya - detikFood Minggu, 26 Apr 2020 08:30 WIB
Sambal Telur - Malay traditional cuisine. Hard boiled eggs and chilli sauce Foto: iStock/detikFood
Jakarta -

Makanan pedas siap bikin sahur jadi semangat, seperti menu ikan asap bumbu cabe. Dimakan bareng nasi putih pasti makin nendang.

Tak ada larangan makan pedas saat sahur asalkan rasa pedasnya tidak berlebihan. Makanan pedas justru bikin semangat santap sahu
Untuk pilihan menu berbuka, ada risoles mayo yang gurih creamy dengan isian mayonnaise dan saus sambal. Tekstur kriuk renyahnya bikin buka puasa jadi lebih semangat.

Dan saat makan malam bisa pilih menu berkuah yang sarat nutrisi. Gurih kenyal bakso udang bisa diolah jadi sajian sup berkuah gurih. Disantap hangat-hangat sebelum waktu istirahat.

Berikut pilihan menu sahur dan berbuka puasa hari ini.

1. Sahur : Ikan Asap Bumbu Cabe

ikan asap bumbu cabeikan asap bumbu cabe Foto: detikfood


Siapa yang bisa menolak menu satu ini? Ikan asap dengan bumbu sambal goreng yang pedas gurih dan sedikit manis siap jadi lauk santap sahur yang menggoda.

Gunakan ikan tuna atau tongkol asap yang berdaging tebal dan tanpa duri. Ikan asap ini makin enak dimasak dengan bumbu cabe. Karena untuk sahur, usahakan untuk tidak membuat rasanya terlalu pedas agar perut tetap sehat dan puasa tak terganggu. Resep ini bisa dijadikan panduan untuk membuat ikan asap bumbu cabe yang mantap.

Baca juga : Resep Ikan: Tuna Saku dan Sambal Matah

2. Berbuka : Risoles Mayo

masak risolesmasak risoles Foto: iStock


Menu buka puasa yang satu ini bisa dibuat dengan mudah. Semua kalangan mulai anak-anak hingga orang dewasa juga pasti suka dengan risoles mayo.

Supaya isiannya istimewa, campur daging ayam, jagung manis dan keju. Pelengkapnya ada saus mayonnaise yang lembut creamy. Sajikan risoles hangat menjelang waktu berbuka puasa. Yuk coba racik risoles mayo dengan resep ini.

Baca juga : 4 Resep Risol Isi Mayo hingga Bihun yang Enak Jadi Camilan


3. Makan Malam : Bakso Udang Kuah

Bakso Udang KuahBakso Udang Kuah Foto: detikfood


Awal-awal puasa, tubuh sedang menyesuaikan diri. Supaya tubuh tetap terhidrasi maksimal, usahakan menyantap makanan yang banyak mengandung kuah. Salah satunya bakso udang kuah.

Bakso udang yang gurih kenyal ini bisa jadi alternatif kalau bosan menikmati bakso sapi atau bakso ayam. Lengkapi sup bakso udang ini dengan sayuran kaya vitamin. Kalau mau masak sup bakso udang kuah, lihat resep lengkapnya di sini.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com