Menu Harian Ramadhan ke-1 : Sahur Ayam Kecap yang Sedap, Tambah Semangat Puasa

Devi Setya - detikFood Jumat, 24 Apr 2020 08:30 WIB
menu ramadhan 1 Foto: doc. detikfood
Jakarta -

Awal puasa memang masih semangat, apalagi jika ditambah santap sahur dengan menu menggugah selera. Ayam kecap bisa jadi pilihan tepat.

Sajian ayam bumbu kecap memang pas dijadikan menu sahur. Kombinasi harum rempah dan manis gurih kecap meresap pada daging ayam. Makin enak lagi disantap hangat dengan nasi putih.

Kolak pisang sederhana sudah cukup jadi menu berbuka istimewa bersama keluarga. Manis legit kuah kolak dipadu dengan lembutnya potongan pisang kepok kuning. Bikin energi kembali terisi.

Untuk makan malam, coba hidangkan menu praktis tapi kaya nutrisi. Ada tumis buncis daging sapi cincang yang mudah dibuat. Satu hidangan ini sudah mengandung serat, vitamin hingga protein yang siap menggantikan energi setelah berpuasa.

Berikut menu lengkap Ramadhan untuk sahur, berbuka puasa hingga makan malam.

1. Sahur : Ayam Kecap

menu ramadhan 1menu ramadhan 1 Foto: doc. detikfood


Sajian paling pas untuk sahur adalah menu yang berkuah, hangat dan punya rasa gurih dominan. Satu hidangan yang bikin makan sahur semangat adalah ayam kecap. Tekstur ayamnya empuk dengan kuah kecap yang manis gurih beraroma rempah sedap.

Masak ayam kecap hingga kuahnya mengental dan bumbunya meresap hingga ayam berubah warna menjadi kecoklatan. Nikmati dengan nasi putih hangat. Resep ayam kecap bisa dilihat di sini.

2. Buka Puasa : Kolak Pisang

menu ramadhan 1menu ramadhan 1 Foto: doc. detikfood


Buka puasa pertama dengan kolak pastilah dinanti. Hidangan ikonik yang hadir saat bulan Ramadhan ini dijamin laris manis karena sudah lama dinanti. Buat kolak pisang kepok saja.

Supaya makin spesial, racik kolak pisang dengan tambahan kolang kaling yang empuk kenyal. Padukan santan segar dengan gula merah agar kuahnya manis legit. Sekeluarga pasti terbuai dengan manis legit kolak pisang yang diracik dengan resep ini.

3. Makan malam : Tumis Buncis

menu ramadhan 1menu ramadhan 1 Foto: doc. detikfood


Untuk makan malam, Anda bisa memilih menu praktis namun tetap bernutrisi dan rasanya lezat. Tumis buncis daging cincang siap jadi pelengkap santap malam.

Menu komplet ini bisa dibuat dengan mudah dan dalam waktu singkat. Pilih buncis muda yang teksturnya renyah jadi tak perlu dimasak terlalu lama. Bumbui dengan bawang bombay dan kecap Jepang yang asin gurih. Panduan resep lengkap buncis daging cincang bisa dilihat di sini.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)