Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka Puasa

Devi Setya - detikFood Kamis, 24 Mei 2018 10:48 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Memiliki budget terbatas bukan halangan untuk menyajikan makanan enak, misalnya mengolah kan teri. Lalu segarkan tenggorokan dengan es sekoteng saat berbuka puasa.

Asin gurih ikan teri bukan hanya enak dijadikan aneka masakan, tapi juga kaya akan kandungan mineral. Dimasak jadi campuran nasi atau dijadikan sambal jeruk teri, menu ini sama-sama mengundang selera.

1. Menu Sahur
Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka PuasaFoto: detikFood
Nasi teri tofu bisa jadi solusi santap sahur yang praktis dan bergizi lengkap. Cukup masak nasi bersama campuran ikan teri, tofu dan berbagai bumbu pelengkap maka sudah bisa jadi santapan sahur.

Tak perlu menyalakan kompor karena hidangan ini bisa diracik mengandalkan rice cooker. Supaya makin gurih, masak dengan kaldu ayam. Yuk bikin nasi teri tofu dengan resep ini.

2. Kudapan
Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka PuasaFoto: detikFood
Seelah seharian berpuasa menahan haus dan lapar, saatnya berbuka dengan menu spesial yang manis dan segar. Semangkuk es sekoteng bisa jadi pilihan.

Campuran pacar cina, kolang-kaling, nangka, alpukat dan kelapa muda makin nikmat jika dihidangkan dengan siraman susu kental manis dan sirup gula. Tambahkan juga es batu supaya makin menggoda. Tergoda membuatnya? Intip resep lengkapnya di sini.

3. Hidangan Utama
Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka PuasaFoto: detikFood
Pedas asin dan gurih berpadu komplit dalam sajian sambal jeruk teri. Apalagi makin sedap karena ditambah irisan daun jeruk purut yang segar beraroma.

Disantap dengan sepiring nasi pulen hangat bisa jadi menu spesial makan malam. Sambal teri ini enak dimakan langsung ataupun disandingkan dengan sayur bening bayam. Resep lengkap sambal jeruk teri bisa dilihat di sini ya. Yummy! (dvs/odi)