Makanan Sehat Anak

Mau Bikin Bento? Ikuti 10 Trik Penting Ini Agar Bento Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 25 Jan 2019 19:00 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak
Jakarta - Bento adalah bekal makan siang khas Jepang. Biasanya diracik dengan lauk beragam warna dan sarat nutrisi.

Untuk meracik bento ternyata tak sekadar menaruh nasi dan lauk. Ada beragam trik yang perlu diikuti agar kualitas bento tetap terjaga dan tentunya tampil menarik selera. Basic Tokyo (25/1) merangkum infonya seperti berikut.

1. Pakai minyak sayur
Minyak sayur seperti minyak wijen atau minyak zaitun paling pas untuk membuat bento. Hindari memakai minyak hewani seperti mentega karena akan mengeras saat sudah dingin. Meski begitu, menggunakan sedikit mentega untuk memberi rasa hidangan tak masalah.

Mau Bikin Bento? Ikuti 10 Trik Penting Ini Agar Bento EnakFoto: iStock

2. Bumbui sedikit lebih banyak
Karena bento adalah bekal yang berarti dimakan beberapa jam kemudian dan dingin, cita rasanya harus lebih kuat. Pasalnya saat dingin, rasa makanan cenderung menurun. Penting untuk memberi lebih banyak bumbu saat membuat bento, terutama garam yang menghadirkan rasa gurih pada sajian.

3. Pilih bumbu aromatik
Selain bumbu utama lauk bento, Anda bisa menambahkan beragam bumbu aromatik. Hasilnya aroma bento jadi lebih menggugah selera. Beberapa yang bisa dipakai adalah jahe, bawang putih, bubuk kari, wijen, dan mustard.

4. Masak matang
Hindari membawa lauk bento yang tidak matang karena kualitasnya nanti bisa menurun. Salah satunya tidak dianjurkan bawa daging setengah matang. Masak daging hingga matang sempurna agar keamanannya lebih terjaga dan Anda terhindar dari keracunan makanan.

Mau Bikin Bento? Ikuti 10 Trik Penting Ini Agar Bento EnakFoto: iStock

5. Keringkan air
Jika lauk bento yang dibawa mengeluarkan jus atau cairan lainnya, segera keringkan. Cairan itu bisa menurunkan kualitas makanan dengan cepat. Akibatnya bento jadi basi atau bau. Hal ini juga berlaku saat Anda membawa salad. Pastikan tiriskan dulu sayur-sayuran dan lap dengan tisu dapur untuk menyingkirkan sisa-sisa air.

6. Bersihkan kelebihan minyak
Selain cairan, penting juga meniriskan kelebihan minyak pada lauk bento. Makanan yang digoreng dengan minyak banyak seperti karaage atau tempura, bisa lengket atau liat saat minyaknya tertinggal. Untuk jenis makanan ini, Anda perlu menaruhnya di tisu dapur sebelum mengemasnya di wadah bento.

Mau Bikin Bento? Ikuti 10 Trik Penting Ini Agar Bento EnakFoto: Instagram antsbento

7. Biarkan dingin sebentar
Yang juga penting dilakukan adalah membiarkan nasi dan semua lauk bento sudah dingin saat dikemas. Hindari membungkusnya panas-panas karena uap yang tertinggal bisa membuat makanan bau dan basi.

8. Buat dengan variasi warna
Kunci untuk membuat bento menarik selera adalah dengan menggunakan bahan makanan berwarna-warni. Putih, misalnya, didapat dari nasi. Hitam atau cokelat dari wijen, rumput laut, daging, dan lainnya. Merah dan oranye dari tomat, salmon, dan wortel. Hijau dari brokoli, sayuran daun, dan bayam. Sedangkan kuning bisa didapat dari telur, labu, jagung, atau paprika.

Mau Bikin Bento? Ikuti 10 Trik Penting Ini Agar Bento EnakFoto: Istimewa

9. Urutan menyusun bento
Ada urutan untuk menyusun bento agar semuanya bisa pas dan tidak saling tumpang tindih saat dibuka. Urutan pertama adalah nasi, kedua makanan yang bentuknya tidak bisa diubah, ketiga makanan yang terdiri dari beberapa potongan atau berbentuk fleksibel, dan terakhir makanan mungil seperti baby tomato untuk mengisi kekosongan ruang di wadah bento.

10. Trik mencegah makanan cepat basi
Saat musim panas, orang-orang Jepang punya trik agar bentonya tak cepat basi. Mereka menaruh umeboshi atau acar plum ke dalam bento. Trik lain adalah dengan mengelap wadah bento dengan cuka sebelum menaruh berbagai isiannya. Atau menaruh bento dengan ice pack untuk menjaganya tetap dingin beberapa saat.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Makanan Sehat Anak