Buah Apa yang Sebaiknya Diberikan Pertama Kali pada Bayi?

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 13 Agu 2018 17:51 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat bayi berusia 4-6 bulan, sudah bisa diperkenalkan pada makanan halus. Buah segar termasuk yang perlu diperkenalkan karena kaya nutrisi.

Buah dan sayuran segar merupakan asupan wajib bagi orang dewasa. Karena kandungan serat, vitamin dan mineralnya penting untuk tubuh. Pada usia 4 bulan hingga 6 buah bayi perlu mulai diperkenalkan dengan buah-buahan. Tetapi dari sekian banyak buah-buahan, mana yang sebaiknya diberikan lebih dulu?

Bagaimana dengan porsi pemberiannya? Dirangkum dari berbagai sumber, ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memberikan buah pada bayi Anda.


Buah Apa yang Sebaiknya Diberikan Pertama Kali pada Bayi?OdiliaFoto: iStock

1. Waktu
Apa tandanya kalau bayi siap diberi buah atau makanan lunak? Jika bayi sudah dapat mengangkat kepalanya sendiri dan duduk tanpa dibantu, ia sudah siap menerima makanan padat pertamanya.

Atau jika ada makanan dilewatkan di dekatnya tangannya akan cepat meraih makanan tersebut. Ada baiknya konsultasi dengan dokter anak sebelum mulai memberikan makanan padat pertama pada bayi Anda.

Buah Apa yang Sebaiknya Diberikan Pertama Kali pada Bayi?OdiliaFoto: iStock

2. Pertama perkenalkan buah segar
Mulailah memberikan buah yang empuk dan mudah dicerna. seperti saus apel yang kaya vitamin C yang membantu bayi menyerap zat besi dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Saus apel juga mengandung serat yang membantu mengatasi sembelit pada bayi.

Selain itu pisang yang masak pohon bisa dihaluskan. Pisang kaya akan potassium untuk memperkuat fungsi otot dan jantung. Pir yang dihaluskan dengan rasa manis juga bisa diberikan pada bayi. Pir mudah dicerna dan menyehatkan pencernaan.

Buah Apa yang Sebaiknya Diberikan Pertama Kali pada Bayi?OdiliaFoto: iStock

3. Makanan yang harus dihindari
Buah dengan rasa asam yang tajam sebaiknya dihindari. Seperti jeruk dan strawberry. Tunda dulu memberikan pada bayi sampai usianya mencapai 1 tahun. Makanan yang terlalu asam bisa memicu sakit perut.

Hindari buah yang tinggi pestisida, seperti anggur dan plum. Sebaiknya pilih dan berikan buah-buahan organik yang tak mengandung pestisida. Sebaiknya jangan memberikan buah kering, buah dengan biji atau buah dengan potongan besar. Karena bisa membuat bayi tersedak dan bayi belum mahir menelan.

Buah Apa yang Sebaiknya Diberikan Pertama Kali pada Bayi?OdiliaFoto: Thinkstock

4. Memberi buah pertama pada bayi
Berikan satu jenis buah setiap kali pad bayi. Tunggu sekitar 2-3 hari sebelum memperkenalkan buah yang baru. Perhatikan reaksi pada buah pertama kali yang Anda berikan. Jika bayi jadi diare atau alami sakit perut hentikan dulu pemberian buahnya.

Gunakan mangkuk dan sendok agar bayi mulai berlatih makan. Sebaknya berikan buah untuk sekali makan saja. karena jika disimpan berisiko tercemar bakteri atau berubah rasa.

(odi/odi)