Alergi Makanan di Masa Kecil Bisa Sebabkan Anak Alami Kecemasan di Saat Remaja

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 03 Jul 2017 10:55 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Peneliti menemukan ada kaitan alergi makanan di masa anak-anak dengan kecemasan dan depresi saat dewasa. Bagaimana keduanya saling berhubungan?

Peneliti di Columbia University's Mailman School of Public Health dan Ferkauf Graduate School of Psychology serta Albert Einstein College of Medicine mempelajari bagaimana hubungan antara alergi makanan dan kegelisahan seseorang di masa kecil dan depresi. Mereka memakai sampel anak-anak minoritas dengan status sosial yang rendah.

Dilansir dalam Science Daily (29/06), hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak dengan alergi makanan memiliki tingkat kecemasan di masa kecil yang lebih tinggi. Alergi makanan semakin umum di kalangan remaja Amerika dengan perkiraan sebesar 8 persen.

Baca juga: Kenali 8 Makanan yang Sering Jadi Pemicu Alergi (1)

Alergi makanan kacang.Alergi makanan kacang. Foto: Getty Images
Alergi makanan yang terkait dengan kecemasan sosial yang meningkat dan ketakutan akan penolakan dan penghinaan sosial.

"Pengelolaan kondisi yang berpotensi mengancam jiwa mungkin dapat menimbulkan kecemasan dan beberapa anak mungkin mengalami kecemasan sosial yang meningkat karena berbeda dengan anak-anak lain. Tergantung pada usia mereka dan bagaimana alergi makanan dikelola oleh orang dewasa dalam situasi tertentu," jelas Renee Goodwin selaku penulis utama dari Columbia University di New York.

Para peneliti mempelajari 8 pasien anak usia 4-12 tahun, rata-rata sampel berusia 8 tahun dengan atau tanpa alergi makanan dan meneliti pengasuh mereka dari klinik rawat jalan pediatrik di Bronx, New York. Mereka mengendalikan diagnosis asma pada anak-anak karena kegelisahan dan gangguan mood lebih umum terjadi pada anak-anak minoritas sosioekonomi rendah.

Alergi makanan pada anak.Alergi makanan pada anak. Foto: iStock
Di antara anak-anak dengan alergi makanan, 57 persennya dilaporkan memiliki gejala kecemasan dibandingkan dengan 48 persen anak-anak tanpa alergi makanan. Sekitar 48 persen anak memiliki gejala depresi dengan atau tanpa alergi makanan.

Baca juga: Ini 7 Gejala yang akan Timbul Jika Alergi Terhadap Makanan

Karenanya bisa disimpulkan bahwa alergi makanan dengan gejala depresi masa kecil atau dengan gejala kecemasan dan depresi di antara masa pengasuh mereka tidak berhubungan secara signifikan.

Agar hasilnya lebih optimal, perlu dilakukan penelitian lanjut. Perlu meneliti hubungan antara remaja usia lanjut dan dewasa muda dengan alergi makanan dengan terjadinya depresi.

(lus/odi)
Load Komentar ...