Bayi 7 Bulan Ini Meninggal karena Diberi Pola Asupan Bebas Gluten

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 20 Mei 2017 12:10 WIB
Foto: iStock/Telegraph Foto: iStock/Telegraph
Jakarta - Bayi 7 bulan di Belgia meninggal karena mendapat pola asuh tak tepat. Orangtuanya memberi pola makan bebas gluten hingga sebabkan malnutrisi pada si bayi.

Bayi bernama Lucas ini hanya seberat 4 kg saat meninggal. Padahal berat bayi normal di usianya sekitar 8 kg. Hasil penyelidikan menunjukkan Lucas alami dehidrasi dan malnutrisi karena pola makan bebas gluten yang diterapkan orangtuanya.

Dikutip dari Daily Mail (16/5), ketika diautopsi perut Lucas bahkan didapati benar-benar kosong. Kedua orangtuanya juga dilaporkan tidak mencari pertolongan medis saat anaknya kritis.

Bayi 7 Bulan Ini Meninggal karena Diberi Pola Asupan Bebas GlutenFoto: Daily Mail
Atas hal ini mereka menghadapi tuntutan kurungan penjara selama 18 bulan. Jaksa penuntut umum mengatakan, "Orangtua Lucas membuat diagnosis sendiri bahwa anaknya intoleransi gluten dan alami alergi laktosa "

"Tidak ada satupun dokter yang memegang catatan medis tentang Lucas dan badan perlindungan anak tidak mengetahui soal ini," lanjut jaksa. Iapun menyalahkan orangtua Lucas yang membawa bayinya ke dokter homeopati, bukan rumah sakit terdekat saat Lucas kelaparan.

Dalam persidangan, orangtua Lucas membela diri. Ayahnya, Peter S berujar, "Kami tidak pernah membawa Lucas ke dokter karena kami tidak mendapati hal tak biasa terjadi padanya."

Sementara ibu Lucas, Sandrina V berurai air mata saat menjelaskan, "Kadang berat badan Lucas bertambah sedikit, kemudian berkurang sedikit. Kami tidak pernah berharap anak kami meninggal."

Bayi 7 Bulan Ini Meninggal karena Diberi Pola Asupan Bebas GlutenFoto: Daily Mail
Seperti diketahui, Peter dan Sandrina sehari-hari menjalankan usaha toko bahan makanan alami. Susu quinoa, susu gandum, susu semolina dan susu buckwheat yang diberikan pada Lucas diambil dari tokonya sendiri.

Pengacara keduanya mengatakan orangtua Lucas menduga bayinya alami gangguan makan. "Lucas alami kram setiap diberi botol susu dan orang tuanya mencari alternatif dengan memberi jenis susu lain bebas gluten," lanjutnya.

Hal ini dianggap jaksa penuntut umum sama dengan mengabaikan secara sengaja asupan makanan untuk Lucas. Sementara menurut dokter anak Elisabeth De Greef dari University Hospital of Brussels, memberi susu quinoa pada bayi adalah hal terlarang.

Bayi 7 Bulan Ini Meninggal karena Diberi Pola Asupan Bebas GlutenFoto: Daily Mail
"Jenis susu ini, yang Anda bisa beli di supermarket, tidak mengandung protein, mineral dan vitamin yang dibutuhkan bayi," pungkas De Greef.

Hingga kini persidangan soal Lucas masih terus berlanjut. Hakim ketua akan memberi keputusannya pada 14 Juni mendatang. (lus/odi)
Load Komentar ...