Selama Mudik, Cegah Dehidrasi Pada Anak dengan 4 Cara Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 03 Jul 2016 12:32 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Cuaca yang tak menentu dapat membuat si kecil mudah lelah dan dehidrasi. Agar tetap bersemangat, anak perlu diberikan asupan cairan yang cukup.

Hampir 60 persen komposisi tubuh terdiri dari air. Jika si kecil mengalami kekurangan cairan dalam tubuh maka akan menyebabkan tubuhnya lemas hingga bibir kering. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar si kecil tetap terhidrasi dengan baik selama perjalanan jauh.

1. Kebutuhan cairan
Kebutuhan cairan setiap orang berbeda. Banyaknya kebutuhan cairan tergantung pada aktifitas, cuaca serta penyakit yang diderita seperti muntah ataupun diare. Semakin tinggi usia anak, tentu kebutuhan cairannya akan lebih banyak.

Untuk anak usia 2-3 tahun baik laki-laki ataupun perempuan membutuhkan cairan sekitar 1,3 liter per hari. Sedangkan untuk anak usia 4-8 tahun sekitar 1,6 liter per hari.

Sedangkan untuk anak-anak usia 9-13 tahun membutuhkan cairan sekitar 2,1 liter (laki-laki) dan 1,9 liter (perempuan). Jika usianya lebih dari 14 tahun membutuhkan asupan cairan sekitar 2,5 liter untuk laki-laki dan 2 liter untuk perempuan.

2. Minum air putih
Selama di perjalanan, air putih wajib disediakan terutama saat Anda membawa si kecil. Air putih menjadi salah satu minuman yang dapat menghidrasi tubuh si kecil. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan minuman lainnya sepetri susu atau jus buah untuk menghidrasi sekaligus menambah energi si kecil selama mudik.

3. Konsumsi buah
Beberapa jenis buah seperti semangka, melon, jeruk dan anggur memiliki kandungan air yang tinggi. Daripada membawa jajanan yang tidak sehat, lebih baik bekali si kecil dengan aneka buah-buahan segar.

4. Kenali tanda-tanda dehidrasi anak
Ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali jika si kecil alami dehidrasi. Salah satunya adalah mata yang sedikit cekung, kulit dan mulut yang tampak kering serta mudah lelah.

Selain itu, Anda juga dapat melihat warna urin si kecil. Jika berwarna kuning pekat, berarti si kecil mulai kekurangan asupan cairan dan secepatnya berikan konsumsi air putih yang cukup. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com