Inilah 3 Cara Alami Atasi Flu si Kecil

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 20 Jun 2016 19:22 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Cuaca yang tak menentu bisa membuat si kecil rentan terhadap serangan flu. Tiga cara alami ini bisa bantu atasi gejala flu!

Dalam banyak kasus, anak-anak cenderung jatuh sakit lebih sering daripada orang dewasa. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya masih belum cukup kuat untuk memerangi agen penyebab penyakit sehingga mereka lebih rentan terhadap infeksi bakteri ataupun virus.

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling umum yang sering terjadi pada anak-anak berusia 3 hingga 12 tahun. Flu adalah infeksi virus yang datang dengan sejumlah gejala yang berpengaruh pada paru-paru, hidung dan juga tenggorokan. Flu juga biasanya dibarengi dengan gejala lainnya seperti demam, batuk, kehilangan nafsu makan, nyeri otot hingga nyeri pada tenggorokan.

Selain konsumsi obat, Anda juga bisa memberikan si kecil makanan alami di rumah. Berikut ini ada tiga cara mudah redakan flu pada si kecil yang dilansir dalam Boldsky (20/06).

1. Sup hangat
Ketika anak Anda terkena flu dan saluran pernafasannya tersumbat. Anda dapat mempersiapkan sup sayuran hangat dengan dicampurkan aneka sayuran. Sebaiknya tumis bumbu dengan sedikit bawang putih dan juga merica. Anda dapat memberikannya dua kali sehari.

Panasnya sup sehat ini memiliki kemampuan untuk meredakan sakit tenggorokan dan bahkan redakan hidung tersumbat. Selain itu, sayuran seperti kentang, wortel, buncis serta jagung mengandung serat dan juga vitamin serta mineral. Sedangkan daging ayam mengandung protein yang baik untuk memperbaiki sel dan juga jaringan tubuh si kecil.

2. Madu dan bawang putih
Flu yang disertai dengan batuk kering menjadi salah satu hal yang paling umum terjadi. Ketika anak mengalami batuk sepanjang hari tentu ia akan merasakan nyeri di dadanya. Untuk meredakannya, Anda dapat membuat campuran bawang putih dan madu yang diminum bersama dengan air hangat di pagi hari. Sifat antibakteri dan anti inflamasi pada madu dan bawang putih dapat meringankan batuk kering secara efektif.

3. Istirahat
Banyak sekali anak-anak yang meskipun sakit tapi tetap aktif bemain. Hal ini tentu dapat memperburuk gejala flu pada anak-anak. Hal ini sangat penting untuk membuat tubuh beristirahat sehingga virus dapat mereda dan tubuh dapat dengan cepat pulih setelah sakit. Jadi, orangtua harus memastikan anak mereka mendapatkan istirahat yang cukup. (lus/odi)
flu

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com