Inilah Peran Lemak Susu dalam Perkembangan Otak si Kecil

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 07 Jun 2016 12:05 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kecuali kalsium dan protein, lemak yang terkandung dalam susu ternyata baik untuk si kecil. Beberapa jenis lemak bermanfaat untuk perkembangan otaknya.

Sejak kecil anak perlu diberikan makanan dengan gizi seimbang dan juga susu sebagai pelengkap. Saat usianya 0-6 bulan, anak-anak perlu diberikan ASI eksklusif sedangkan saat usianya sudah lebih dari 6 bulan Anda bisa memberikannya susu tambahan berupa susu sapi.

Secara umum susu terdiri dari kandungan air sekitar 87 persen dan 13 persennya adalah jenis padatan. Padatan dalam susu terdiri dari lemak, karbohidrat, protein, mineral dan juga vitamin.

Menurut Ines Yumahana Gulardi selaku Senior Nutrition Manager Fonttera Brands Indonesia (01/06) mengatakan, dalam lemak susu terkandung zat fosfolipid dan gangliosida yang berguna untuk tingkatkan perkembangan otak anak.

Gangliosida merupakan salah satu zat yang terdapat di ASI dan berguna untuk meningkatkan kemampuan fungsi serta perkembangan kognitif otak bayi.

Saat baru lahir, ada lebih dari 100 miliar sel otak, akan tetapi sel-sel tersebut belum terhubung dengan baik satu sama lain.

"Sehingga zat gangliosida dibutuhkan untuk memaksimalkan koneksi antara sel-sel syaraf otak," jelas wanita lulusan SEAMEO FKUI ini saat ditemui detikFood beberapa waktu lalu.

Selain membantu perkembangan otak, lemak susu juga memiliki manfaat seperti anti kanker usus besar dan juga mendukung pertumbuhan bakteri baik (bersifat prebiotik, sebagai antihipertensi, antidiabetik dan imunomodulator. (lus/odi)