Ini 8 Alasan Mengapa Anak Tidak Mau Makan (2)

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 12 Mei 2016 15:21 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Menghadapi anak yang tak mau makan bukan hal mudah. Sebaiknya kenali alasan mengapa anak sering menolak makan. Selain dari rasa dan bentuk makanan, ternyata ada faktor lain yang jadi penyebabnya.

Berikut ini beberapa alasan anak menolak makanan yang sering dihadapi oleh orangtua.

5. Alasan medis
Karena anak-anak terlalu sering menolak makan. Sehingga orangtua mungkin tidak berfikir bahwa ternyata masalah medis bisa jadi penyebabnya. Masalah seperti refluks dan sembelit bisa terjadi pada anak-anak sehingga tidak ingin memasukkan makanan.



6. Kelelahan
Terlalu banyaknya aktivitas membuat anak mudah lelah ketika sampai di rumah. Karena kelelahan biasanya anak hanya lebih memilih untuk tidur atau hanya minum saja tanpa mau makan. Kebanyakan anak-anak yang seperti ini cenderung ingin melewatkan makanan malam.

7. Gangguan makan
Pertumbuhan dari anak ke usia remaja sering alami gangguan makan. Hal ini dikarenakan faktor psikologis dan juga sosial, dimana mereka ingin menurunkan berat badan atau mendapatkan bentuk tubuh yang mereka inginkan. Ketidakpuasan mereka dengan struktur tubuh mereka menyebabkan mereka untuk memulai diet dan mengurangi jumlah porsi makanan.



8. Food Jagging
Anak-anak cenderung mendapatkan kecanduan untuk hidangan tertentu. Dengan menyukai hanya satu jenis makanan, tentu nutrisi yang diasup tidak optimal. Kebiasaan ini mungkin muncul karena orangtua sering kali memberikan makanan kesukaannya agar ia mau makan.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com