Ini 8 Alasan Mengapa Anak Tidak Mau Makan (1)

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 12 Mei 2016 14:42 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Banyak orangtua yang khawatir jika anak menolak makan. Padahal anakpun menolak bukan tanpa alasan. Ada beberapa alasan yang membuat anak enggan makan.

Anak-anak membutuhkan makanan yang tinggi nutrisi untuk menunjang pertumbuhannya. Tidak hanya tubuh, asupan makanan juga sangat menunjang kesehatan otak anak.

Jika anak menolak, jangan langsung memarahinya. Anda perlu mengenali beberapa alasan kenapa anak menolak untuk makan seperti yang dilansir dalam Boldsky (10/05).

1. Pemilih makanan
Beberapa anak-anak umumnya adalah 'picky eaters'. Alasan kenapa mereka sering mengatakan 'tidak' untuk makanan bisa saja karena dari ketidaksetujuan sensori.

Misalnya, ia tidak menyukai aroma, rasa, penampilan atau bagaimana rasa makanan ketika mereka pegang atau ketika sampai di mulut dan lain-lain. Kepekaan inilah yang sering membatasi asupan makan anak sehingga menyebankan kebiasaan makan yang buruk.



2. Terlalu banyak ngemil
Anak-anak yang ngemil terlalu banyak cenderung merasa perutnya selalu kenyang. Sehingga anak lebih baik tidak ngemil diantara waktu jam makan.

3. Merasa tertekan
Ketika orangtua terlalu memberi tekanan pada anak untuk menghabiskan makanan, tanpa disadari dapat membuat anak-anak mengatakan tidak untuk sepanjang waktu ataupun ketika ditawarkan makanan sehat.



4. Adanya gangguan
Terlalu sibuk dengan kegiatan yang mereka suka bisa membuat anak menolak makan. Anak-anak kini memiliki sejumlah hal yang bisa mempengaruhi pikirannya untuk makan. Televisi, smartphone dan juga play station dapat membuat anak terlalu sibuk untuk fokus dan meninggalkan waktu makan bersama. (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com