Ini Sebabnya Alpukat Perlu Diberikan pada Anak

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 09 Feb 2016 07:08 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Alpukat juga baik diberikan sejak bayi. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal sangat penting untuk pertumbuhan dan juga perkembangan otak si kecil.

Alpukat kaya akan antioksidan yang dapat menjaga sistem pencernaan dan metabolisme secara keseluruhan. Teksturnya yang lembut sehingga mudah dicerna anak. Pilih alpukat yang masak pohon agar daging buahnya creamy dan tidak pahit.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari alpukat yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Sumber vitamin dan mineral
Buah alpukat mengandung banyak vitamin dan juga mineral, terutama vitamin E. Semua ini diperlukan untuk kesehatan optimal dan pembangunan jaringan tubuh anak secara keseluruhan.

Selain itu, alpukat juga mengandung lemak baik yang bisa tingkatkan berat badan anak.



2. Mudah dicerna
Buah berwarna hijau kekuningan ini dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Buah ini juga dapat mengontrol tanda-tanda gangguan pencernaan dan kolik pada bayi. Dengan rutin konsumsi buah alpukat, anak-anak akan terhindar dari masalah pencernaan seperti konstipasi atau sulit BAB.

3. Cegah peradangan
Rajin konsumsi alpukat dapat mencegah peradangan. Selain itu juga dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang lebih cepat. Kandungan antioksidan sangat penting untuk menjaga peradangan tubuh.



4. Bantu penyembuhan luka
Selain bermanfaat untuk si kecil, buah alpukat juga perlu dikonsumsi untuk ibu menyusui. Pasalnya, buah ini dapat membantu luka lebih cepat sembuh. Ia bekerja lebih baik daripada obat-obatan. Karena itu, pastikan untuk menyertakan alpukat dalam diet si kecil dan Anda secara teratur.

(lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com