Rutin Berikan Labu Kuning Agar BAB Anak Lancar dan Mata Sehat

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 25 Jan 2016 18:39 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Labu menjadi salah satu makanan yang tinggi serat dan juga vitamin A yang baik untuk si kecil. Untuk jaga kesehatan mata hingga perlancar pencernaan.

Labu kaya akan kandungan karotenoid yang mudah dicerna tubuh. Karotenoid ini kemudian berubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Labu mengandung energi yang rendah, akan tetapi tinggi serat dan juga memiliki tekstur yang lembut. Sehingga labu dianjurkan untuk diberi pada anak diatas 6 bulan yang sudah dianjurkan untuk melakukan MPASI.

Berikut ini ada 5 manfaat yang dihasilkan dari rutin konsumsi labu. Agar manfaatnya ganda, Anda pun dapat mencampurkan labu dengan beberapa sayuran dan juga daging agar gizinya seimbang.

1. Kesehatan mata
Labu kuning kaya akan vitamin A. Vitamin ini dapat membantu mempertahankan kesehatan mata si kecil secara optimal. Mengonsumsi labu juga dapat membantu tingkatkan penglihatan anak di malam hari.

Labu juga mengandung karotenoid yang memberi warna orange terang. Betakaroten dalam tubuh juga akan diubah menjadi vitamin A.

Foto: Thinkstock

2. Pencernaan
Labu kuning mengandung serat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam 100 gram labu kuning mengandung sekitar 2,7 gram. Jika rutin mengonsumsi labu kuning, tentu anak akan terhindar dari masalah konstipasi.

3. Tingkatkan energi
Dalam 100 gram labu mengandung energi sebesar 51 Kkal serta kalsium sebanyak 40 mg dan juga kalium sebesar 220 mg. Kalium yang terkandung dalam labu kuning dapat bantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan tingkatkan fungsi otot.

Foto: Thinkstock

4. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin C yang terkandung dalam labu kuning dapat membantu lindungi anak dari penyakit flu. Kandungan vitamin C dalam 100 gram labu kuning mengandung sekitar 2 mg. Anda dapat memberikan labu kuning dalam bentuk kukusan, campuran cake yang lezat atau lihat resep olahan labu kuning yang enak di sini.

5. Tidur lebih baik
Labu dapat menginduksi tidur yang lebih baik pada anak. Kandungan tryptophan di dalamnya membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak serotonin. Di sisi lain, asam amino juga dapat menginduksi ketenangan dan juga rasa kantuk.

(lus/odi)