Berikan 8 Makanan Enak Ini Agar Daya Tahan Tubuh Anak Lebih Kuat (2)

Christina Ambarrita - detikFood Kamis, 07 Jan 2016 11:14 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sistem imunitas tubuh anak bisa diperkuat melalui sejumlah makanan alami yang kaya nutrisi. Tentu Anda perlu memperkenalkan dengan cara menarik agar ia menyukainya.

Yogurt dan beragam kacang-kacangan mungkin belum dikenal baik oleh si kecil. Karenanya perkenalkan lebih banyak makanan sehat dengan beragam olahan agar anak mendapat asupan nutrisi maksimal untuk daya tahan tubuhnya.

5. Wortel



Khasiat sayuran yang mengandung betakaroten ini terutama untuk​ membantu meningkatkan ketajaman penglihatan. ​Selain​ itu, betakaroten baik untuk melindungi lapisan yang membungkus organ pernapasan dan pencernaan. Sehingga bakteri penyebab penyakit sulit menyusup ke dalam darah. Untuk menu sehat, tambahkan wortel ke dalam menu harian si kecil. Dengan warnanya yang cerah, tentu si kecil akan suka.​ Campurkan dalam jus, buat puding atau kue yang disukai si kecil.​
 
6. Bawang putih



Bawang putih mengandung antiviral dan antibakteri. Selain itu bawang putih juga membantu menstimulasi produksi sel darah putih yang berperan sebagai antioksidan. Jika si kecil demam atau flu, berikan bawang putih agar segera reda.

7. Kacang-kacangan



Kacang-kacangan juga baik untuk si kecil. Berikan segenggam kacang pada buah hati Anda untuk camilan. Kacang kaya akan protein, mineral, dan vitamin. Selain itu juga kaya akan antioksidan seperti asam lemak omega, zinc, dan vitamin E. Varian seperti pistasio, walnut, raisin​ ​bisa ​juga ​dijadikan sebagai snack sehat si kecil.
 
8. Ikan



Ikan membantu meningkatkan sistem imun dan juga merupakan sumber makanan yang baik bagi otak. Kandungan asam lemak omega 3 baik untuk meningkatkan jumlah sel dalam tubuh. Ikan berlemak seperti salmon dan tuna akan sangat baik dikonsumsi buah hati Anda. Buat sup, bubur atau goreng dengan tepung agar si kecil lebih tertarik menyantapnya.​

(msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com