Makan Satu Buah Kiwi Sehari Bisa Cegah Flu dan Batuk pada Anak

- detikFood Senin, 30 Sep 2013 14:26 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Buah berwarna hijau ini rasanya asam manis dan segar. Kulitnya berbulu halus dan kecokelatan. Buah kaya vitamin C ini baik dikonsumsi anak-anak. Apalagi jika disajikan dingin atau dijadikan campuran es buah.

Sebuah penelitian di Italia menunjukakn bahwa anak-anak yang sering mengalami flu, sesak napas dan batuk di malam hari bisa diatasi dengan mengonsumsi kiwi. Jumlah konsumsinya sekitar 5-7 buah kiwi dalam seminggu.

Pada studi lain juga menunjukkan, orang dewasa yang makan 2-3 buah kiwi setiap hari dapat mengurangi potensi pembekuan darah dan menurunkan triglisertida. Namun studi lain justru menyebutkan jika buah kiwi dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA dan mencegah kanker.

Selain dapat mencegah beragam penyakit, anak-anak yang mengonsumsi kiwi akan mendapat asupan vitamin dan mineral. Menurut sebuah studi di Rutgers University, kwii adalah buah yang paling padat gizi. Seperti serat sekitar 16% yang dapat mencegah sembelit dan fitonutrient yang bertindak sebagai antioksidan.

Kiwi juga mengandung 10% asam folat untuk memproduksi sel darah merah. Sedangkan kandungan vitamin C dan vitamin E pada kiwi bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak.

Jika ingin menyimpan persediaan kiwi untuk si kecil sebaiknya pilih buah yang besar dan harum atau jenis golden kiwi yang agak manis. Pilih juga yang permukannya tidak terlihat memar atau keriput dan terlalu matang agar bisa disimpan dalam lemari es hingga 1-2 minggu lamanya.

Agar si kecil tidak kerepotan untuk menyantapnya, buah kiwi yang sudah dicuci bersih dikupas kulitnya dan dipotong-potong kecil. Atau potong kiwi melintang menjadi dua, si kecil bisa langsung menyendoki daging buah kiwi dengan sendok teh.

(dyh/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com