Tekstur Makanan yang Keras Bisa Jadi Penyebab Anak Tersedak

- detikFood Kamis, 21 Mar 2013 12:04 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Tersedak bisa disebabkan banyak hal, bisa terjadi karena makan terlalu cepat atau ukuran makanan yang terlalu besar. Risiko tersedak umum dialami anak-anak. Umumnya terjadi karena tekstur makanannya terlalu kasar sehingga sulit ditelan.

Respon anak saat diberikan makanan padat berbeda-beda. Ada juga yang menjadi tersedak karena tekstur makanan sedikit keras atau licin sehingga mudah tertarik ke tenggorokan dan menyebabkan tersedak. Hal ini berakibat , pernapasan si kecil menjadi tertutup beberapa detik dan menjadi batuk.

Meskipun makanan padat wajib diperkenalkan pada si kecil. Namun, pemberiannya harus dilakukan secara perlahan. Misalnya saja memberikan makanan yang bertekstur empuk dan mudah dikunyah dengan gigi dan gusinya.

Seperti yang dilansir Netmums, hal ini tentunya harus menjadi perhatian penting bagi orang tua. Karena pengalaman tersedak bisa menimbulkan trauma tersendiri bagi si kecil. Untuk mencegahnya si kecilpun bisa diperkenalkan makanan padat dalam tekstur yang empuk dan makanan sudah dipotong-potong kecil.

Beberapa makanan juga perlu dihindari agar si kecil tidak mudah tersedak. Seperti, hot dog, popcorn, marshmallow, lolipop, sayuran mentah, kacang, buah kering, es batu, nugget, sosis, juga buah-buahan dengan kulitnya.

(fit/odi)