Mr Roastman: Gurih Lumer Smoked Brisket yang Diasap 18 Jam dengan Kayu Rambutan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 12 Feb 2020 12:00 WIB
Mr Roastman Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Mau makan siang istimewa? Restoran spesialis daging asap ini bisa dicoba. Lokasinya di tempat nongkrong kekinian, M Bloc Space.

Sejak dibuka pertengahan 2019, M Bloc Space langsung populer jadi tempat nongkrong favorit millennial. Ruang publik kreatif ini memanfaatkan aset Peruri yang sudah terbengkalai sekitar 25 tahun.

Meski sudah dipugar, pendiri M Bloc Space masih mempertahankan nuansa vintage pada bangunan dan interior tenant. Mampir ke sini kami dimanjakan dengan tenant-tenant fashion, musik, dan tentu saja kuliner.

Mr Roastman: Gurih Lumer Smoked Brisket yang Diasap 18 Jam dengan Kayu RambutanMr Roastman, salah satu kuliner di M Bloc Space. Foto: dok. detikFood


Soal menu, pilihan makanan di sini beragam dengan keunikan masing-masing. Yang jelas semua gerai adalah merek lokal. Sebelumnya sudah dikurasi dengan berbagai pertimbangan sehingga pilihan makanan di M Bloc Space bervariasi.

Salah satu yang menarik perhatian kami adalah Mr Roastman. Lokasinya ada di depan, dekat Mbok Ndoro. Kelebihan tenant ini adalah mereka memajang buku menu di luar sehingga untuk pengunjung baru seperti kami, hal ini sangat memudahkan.

Mr Roastman mengkhususkan diri pada sajian daging asap (smoked beef) dan daging panggang (roast beef). Untuk menu daging asap tersedia dalam pilihan 100 gram, 200 gram, dan 200 gram dengan keripik kentang. Jenis dagingnya brisket, bisa pilih yang minim lemak (lean) atau dengan lemak (moist).

Mr Roastman: Gurih Lumer Smoked Brisket yang Diasap 18 Jam dengan Kayu RambutanSmoked chamber, tempat mengolah daging asap dan daging panggang. Foto: dok. detikFood


Pemilihan brisket atau sandung lamur sebagai menu utama bukan tanpa alasan. Mr Roastman ingin memperkenalkan kalau brisket yang merupakan secondary cut daging sapi bisa diolah jadi daging empuk dan nikmat.

Untuk smoked beef, brisket diasap selama 18-24 jam. Sedangkan untuk roast beef dipanggang selama 10-12 jam. Kedua jenis daging ini diolah di smoked chamber berbahan stainless steel dengan panas berbahan api kayu rambutan.

Smoked chamber diletakkan di bagian belakang restoran, menyatu dengan area bersantap luar ruangan. Pengunjung pun bisa melihat proses pengolahan daging jika datang di waktu yang pas.

Mr Roastman: Gurih Lumer Smoked Brisket yang Diasap 18 Jam dengan Kayu RambutanSmoked Brisket Moist 200 gram dengan selingan lemak yang lumer juicy. Foto: dok. detikFood


Kami tertarik mencicip Smoked Brisket Moist 200 Gram (Rp 105.000) dengan tambahan Garlic Butter Rice (Rp 15.000). Nampak lembaran brisket ukuran 200 gram cukup banyak. Permukaan dagingnya kemerahan di beberapa sisi.

Smoked brisket disajikan di atas talenan kayu bersama salad, signature sauce, dan remahan biskuit dan jeruk. Konsep menunya ternyata full course dimana pembeli akan mendapat salad sebagai menu pembuka, daging sebagai menu utama, dan biskuit jeruk sebagai dessert. Hal ini disampaikan Jacob selaku Head Marketing Mr Roastman pada detikFood (11/2).

Proses pengasapan belasan jam membuat tekstur daging asap ini lembut. Hanya mengoyaknya dengan garpu saja sudah membuat daging robek. Nyamm! Sensasi lembutnya beriring dengan lumer di mulut. Jejak minyaknya lumayan banyak.

Mr Roastman: Gurih Lumer Smoked Brisket yang Diasap 18 Jam dengan Kayu RambutanDaging asap juga dilengkapi salad, remahan biskuit dan jeruk, serta signature sauce. Foto: dok. detikFood


Daging ini sebenarnya sudah gurih karena sebelum diasap daging dimarinasi bersama bumbu olahan. Bagian yang paling kami suka tentu saja yang berlemak karena rasa gurihnya semakin kuat. Dibarengi tekstur juicy yang puaskan selera.

"Belum banyak restoran yang menjadikan smoked beef sebagai menu utamanya. Kami ingin orang mengenal restoran ini sebagai bistro smoked beef," ujar Jacob.

Daging asap paling enak dicocol signature sauce Mr Roastman. Warnanya cokelat seperti mayonnaise. Saus ini bahan dasarnya demi-glace yaitu saus khas Prancis yang terbuat dari kaldu cokelat dan saus Espagnole.

Mr Roastman: Gurih Lumer Smoked Brisket yang Diasap 18 Jam dengan Kayu RambutanButter rice sebagai pendamping daging asap. Foto: dok. detikFood


Yang jelas, rasanya gurih, creamy, dan memiliki hentakan pedas yang kuat. Pencinta pedas pasti terpuaskan dengan sajian ini. Oh ya, untuk butter rice di sini tidak terlalu istimewa. Tekstur nasinya sedikit keras dengan rasa butter yang minim.

Puas makan daging asap, kami mencoba Roast Beef with Mushroom Sauce and Fries (Rp 79.000). Baik daging asap maupun daging panggang di sini sama-sama diolah di smoked chamber. Hanya saja menurut Jacob yang membedakan adalah waktu pemasakan saja dimana daging panggang lebih cepat.

Mr Roastman: Gurih Lumer Smoked Brisket yang Diasap 18 Jam dengan Kayu RambutanRoast Beef with Mushroom Sauce and Fries sebagai menu pilihan lain. Foto: dok. detikFood


Ternyata saat digigit, tekstur daging panggang terasa lebih lembut menurut kami. Tampilan dagingnya tidak terlalu kering. Warna cokelatnya lebih menyeluruh dibanding merah.

Daging panggang berbeda karena disajikan bersama kentang goreng. Juga saus jamur sebagai cocolannya. Saus ini gurih creamy dan tidak pedas. Namun sayang kami tidak menemukan potongan jamur utuh di dalam saus ini.

Selain daging panggang dan daging asap, Mr Roastman juga punya menu andalan berupa burger. Sayangnya menu ini habis saat kami mampir. Pilihan lainnya adalah nasi goreng, iga bakar madu, dan smoked wagyu stroganoff yang sayang dilewatkan.

Mr Roastman
M Bloc Space, Jl. Panglima Polim Raya 37
Telepon: 0823 20576279



Simak Video "Gurih Lembut Brisket Asap dan Panggang ala Mr. Roastman"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)