Bakmi Berdikari: Gurih Mantap! Mie Sapi Lada Hitam di Resto Halal Legendaris

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 22 Nov 2019 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Berawal dari tempat makan sederhana. Restoran yang satu ini kini sudah memiliki tiga cabang, dengan 193 pilihan menu yang sudah ada sejak 41 tahun lalu.

Bagi penggemar bakmi atau Chinese food, nama restoran Bakmi Berdikari pasti sudah tidak asing lagi. Pertama kali didirikan dari usaha rumahan pada tahun 1978 kini konsep Bakmi Berdikari sudah dibuat lebih modern, dengan tetap mempertahankan resep yang sama.

Baca Juga: RM. Chandra: Sapo Tahu dan Kakap Taosi Legendaris yang Selalu Bikin Ketagihan

Bakmi Berdikari: Gurih Mantap! Mie Sapi Lada Hitam di Resto Halal LegendarisFoto: dok. detikFood

Meski nama restorannya Bakmi Berdikari, tapi menu andalannya tak hanya sekedar bakmi saja. Ada beragam pilihan Chinese Food, juga berbagai makanan khas Malaysia, Thailand, hingga Hong Kong. Melihat menu di sini, Anda pasti akan dibuat bingung, galau karena sangat beragam dan lengkap. Nyaris semuanya enak!

Bakmi Berdikari ini punya tiga gerai, di Tebet dan Cawang, Jakarta Timur. Untuk gerai yang di Cawang, konsepnya restoran keluarga, jadi cukup nyaman untuk makan siang atau makan malam di akhir pekan. Jika berkunjung ke sini, ada beberapa menu yang tak boleh dilewatkan.

Pertama ada Mie Sapi Lada Hitam Hotplate (Rp 50.000), mie disajikan di atas hotplate yang mengepul panas. Toppingnya irisan daging sapi hingga paprika dengan siraman saus lada hitam. Disajikan panas mengepul sehingga aroma pedas lada dan gurih bumbunya sukses menggelitik hidung.

Bakmi Berdikari: Gurih Mantap! Mie Sapi Lada Hitam di Resto Halal LegendarisFoto: dok. detikFood

"Di sini mie ayam sapi lada hitamnya yang terkenal, karena disajikan di atas hotplate dan masih panas sausnya," tutur salah satu pelayan sambil mengantarkan pesanan makanan.

Mie yang digunakan dibuat sendiri. Bentuknya juga seperti mie pada umumnya. Hanya saja teksturnya dijaga tetap renyah, tidak terlalu lunak.Pedas lada hitam terasa sangat menggigit pedas dengan semburat gurih bawang yang enak. Irisan daging hasa apiny alebar tipis sehingga terasa juicy gurih, pas berpadu dengan saus lada hitamnya.

Lalu ada juga menu Tofu Jamur Hitam (Rp 58.000), yang jadi menu favorit untuk teman makan nasi di sini. Tampilannya menarik, dengan potongan egg tofu goreng yang disusun melingkari saus jamur yang berkuah kental.

Bakmi Berdikari: Gurih Mantap! Mie Sapi Lada Hitam di Resto Halal LegendarisFoto: dok. detikFood

Jenis jamur yang digunakan di sini adalah jamur hioko atau shitake, bukan jamur kuping hitam. Irisan jamur, paprika, dan bawang bombay dibalut saus kental. Rasa gurih bawang dan saus tiram terjejak kuat.

Egg tofu yang renyah dan lembut dalamnya, enak disuap denga jamur hioko yang juicy dan paprika yang sedikit pedas renyah. Meski sederhana, sajian tofu ini terasa gurih mantap.

Nasi Hainan Bebek Panggang (Rp 50.000), yang sayang untuk dilewatkan jika sedang makan di sini. Menu favorit yang satu ini berupa racikan nasi Hainan. Berupa daging bebek panggang tanpa tulang, nasi Hainam, bokchoy rebus, kuah kaldu ayam, dan saus hoisin yang biasa dipakai sebagai saus celup bebek panggang Peking.

Bakmi Berdikari: Gurih Mantap! Mie Sapi Lada Hitam di Resto Halal LegendarisFoto: dok. detikFood

Potongan daging bebek panggang Peking ini terasa empuk juicy tanpa aroma anyir. Jika dicocol dengan saus peking yang sedikit manis dan berasa minyak wijennya, bebek panggang ini semakin istimewa.

Tak ketinggalan racikan nasi Hainan ala Bakmi Berdikari, yang gurih dan terasa jejak jahe di setiap suapan. Rasa dari kuah kaldunya pun, mirip seperti chicken rice gaya Singapura, dan yang pasti menu satu ini mengenyangkan.

Nah, selain 3 menu di atas. Ada juga menu Chinese food klasik lainnya, seperti Fuyunghai, yang disajikan mirip seperti kue bulat, dengan tekstur adonan tepung dan telur serta topping yang tebal, dan berisi. Kemudian ada juga Mie Ayam Spesial, hingga Mie Tom Yum Seafood yang tak kalah menarik.

Baca Juga: Royal Silk Road: Mulur Enak! Mie Tarik Sapi di Resto China Halal

Bakmi Berdikari
Jl. Dewi Sartika No.136 A
Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur
Telp: (021) 80882581
Jam Buka: 09.30 - 21.30



Simak Video "Menu-menu yang Wajib Dicicipi di Bakmi Berdikari"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)