Sumorice: Makan Kenyang Rice Bowl Lidah Sapi yang Menggoyang Lidah

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 12 Nov 2019 12:33 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Makan kenyang di tempat ini ada paduan nasi putih hangat, dengan irisan lidah sapi juicy bertabur rawit pedas, yang bikin nagih.

Sedang tren hidangan rice bowl yang digemari, karena praktis dan tidak ribet. Banyak gerai makanan hingga restoran, yang mengusung konsep rice bowl ini. Makanan yang disajikan beragam, mulai dari rice bowl dengan lauk rumahan, hingga rice bowl gaya Jepang yang disesuaikan dengan selera kekinian.

Baca Juga: 5 Rice Bowl Online Enak yang Bisa Dipesan dari Rumah
Sumorice: Makan Kenyang Rice Bowl Lidah Sapi yang Menggoyang LidahFoto: dok. detikFood

Salah satunya ada gerai Sumorice, yang menawarkan konsep 'eat-to-go' untuk rice bowl gaya Jepang, porsi 'Sumo' atau besar, yang sedang hits di kalangan millennial.

Penasaran dengan rasanya, kami mendatangi salah satu gerai Sumorice yang ada di Menteng, Jakarta Pusat. Gerainya tak terlalu besar, ada beberapa meja untuk 'dine in' namun cukup nyaman untuk menunggu pesanan makanan.

Di sini hanya ada empat menu utama, yaitu Gyu Tan Don, Sicy Gyu Don, Spicy Tori Don, dan Soboro Don. Pertama kami mencoba Gyu Tan Don (Rp 65.000), menu andalan di sini.
Sumorice: Makan Kenyang Rice Bowl Lidah Sapi yang Menggoyang LidahGyu Tan Don. Foto: dok. detikFood

Gyu Tan Don merupakan rice bowl dengan lauk osengan lidah sapi. Di sini, daging lidah sapi diiris tipis, dengan warna kehitaman dari hasil marinasi dengan kecap asin dan minyak wijen. Dilengkapi dengan telur mata sapi setengah matang yang masih lumer.

Meski disajikan dalam kotak karton, tapi porsi rice bowl Gyu Tan Don ini cukup besar. Nasi putihnya yang pulen menggunakan beras Jepang, dihiasi dengan irisan lidah sapi yang royal, dan taburan rawit pedas yang dioseng bersama lidah. Untuk masalah rasa, gyu tan nya tidak mengecewakan, rasa lidah sapinya terolah sempurna dengan jejak rasa manis gurih dari minyak wijen dan kecap asin yang digunakan untuk bumbu marinasi lidah sapi.
Sumorice: Makan Kenyang Rice Bowl Lidah Sapi yang Menggoyang LidahGyu Tan Don. Foto: dok. detikFood

Tekstur dari lidahnya sedikit kenyal, dan tidak ada aroma amis sama sekali. Saat disuap dengan nasi putih dan lelehan kuning telur yang masih hangat, rasanya bikin nagih, dan membuat kita tak bisa berhenti makan.

Puas menyantap Gyu Tan Don, kami beralih ke menu populer selanjutnya. Yaitu Spicy Gyu Don (Rp 65.000), rice bowl atau beef bowl yang satu ini, menggunakan irisan daging sapi tipis dari bagian perut sapi import.

"Di sini itu Spicy Gyu Don nya jadi menu yang paling laris. Dibuat menggunakan daging sapi impor kualitas tinggi, ditambah dengan bumbu saus cabe spesial racikan Sumorice," ujar salah satu pelayan yang mengantarkan pesanan kami.
Sumorice: Makan Kenyang Rice Bowl Lidah Sapi yang Menggoyang LidahGyu Tan Don dan Spicy Gyu Don. Foto: dok. detikFood

Sesuai ekspetasi porsi Spicy Gyu Don ini tak kalah royal, dengan irisan daging sapi super pedas, serta cabe rawit di atasnya yang menutupi permukaan rasa. Berbeda dengan Gyu Don buatan salah satu resto fast food Jepang, Gyu Don di sini punya rasa yang lebih kuat, campuran manis pedas dari saus cabe spesial yang digunakan.
Sumorice: Makan Kenyang Rice Bowl Lidah Sapi yang Menggoyang LidahSpicy Gyu Don. Foto: dok. detikFood

Tekstur dagingnya juicy, dan gampang untuk dipotong. Cocok bagi penggemar makanan pedas, karena sengatan cabai rawitnya terasa hingga di tenggorokan.

Bagi yang tidak makan daging sapi atau lidah sapi, bisa pesan Soboro Don (Rp 39.000), dengan porsi yang tak kalah banyak. Rice bowl yang satu ini menggunakan daging cincang ayam yang halus, dipadukan dengan cabe rawit dan telur mata sapi setengah matang.
Sumorice: Makan Kenyang Rice Bowl Lidah Sapi yang Menggoyang LidahSoboro Don. Foto: dok. detikFood

Rasa dari daging ayam cincang ini cukup unik, karena ada jejak rasa sedikit jahe di osengan ayam, tapi dipadukan dengan segarnya basil yang ditumis hingga kering. Rasa enak dari 'comfort food' ini mampu menuntaskan rasa kenyang.

Bagi yang masih lapar, Sumorice punya dua pilihan ukuran. Reguler dan Large, dengan kisaran harga yang tak jauh berbeda. Tersedia juga menu Value Pack yang merupakan gabungan dari tiga menu di atas. Nah, bagi penggemar rice bowl wajib coba Sumorice yang satu ini.

Baca Juga: Bikin Sendiri Rice Bowl Gaya Jepang dan Taiwan yang Praktis Enak

Sumorice
Jl. H. Agus Salim No. 60 (Lantai 2).
Menteng, Jakarta Pusat.
Jam Buka: 10.00 - 21.00

Simak Video "Puas Menjajal Rice Bowl Lidah Sapi yang Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)