Foodz: Gurih Creamy Nasi Carbonara dengan 7 Pilihan Topping

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 28 Okt 2019 11:59 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Nasi carbonara disukai karena rasanya gurih creamy. Apalagi ketika dipadukan philly cheesesteak dan ayam sambal merah yang pedas enak.

Nasi carbonara atau carbonara rice adalah nasi putih berlumur saus carbonara yang rasanya gurih dengan tekstur creamy. Saus carbonara biasanya disajikan bersama pasta, namun saus ini ternyata juga cocok membalut nasi putih.

Saus carbonara diracik dari beberapa bahan utama seperti keju, fresh cream, dan telur. Nasi carbonara pun jadi menu andalan beberapa restoran, salah satunya Toodz House di Cipete, Jakarta Selatan. Restoran homey ini sudah sejak lama menawarkan nasi carbonara sebagai menu andalan mereka.

Foodz: Gurih Creamy Nasi Carbonara dengan 7 Pilihan ToppingFoto: dok. detikFood

Ingin fokus menyajikan nasi carbonara, akhir tahun 2018 Tood House membuka Foodz. Gerai mungil di sebelah Wo Ai Mie dan Toko Kopi Tuku ini hanya menyajikan ragam nasi carbonara. Variasinya dibedakan berdasarkan topping saja.

Mampir ke Foodz, kami langsung disambut pemandangan dapur restoran yang didesain terbuka. Hanya ada dua bangku dan meja mungil untuk pengunjung bersantap. Pegawai menyebut Foodz sebenarnya lebih mengkhususkan diri pada layanan makanan untuk dibawa pulang.

Foodz: Gurih Creamy Nasi Carbonara dengan 7 Pilihan ToppingFoto: dok. detikFood

Nasi carbonara ada sekitar 7 varian seperti Breaded Chicken, Mushroom Dabu, Pulled Chicken Sambal Bawang, Torched Chicken Mushroom Cheese, Philly Cheese, Ayam Sambal, dan Patty Egg. Harganya sekitar Rp 35.000-40.000.

Kami memilih Carbonara Rice Philly Cheese (Rp 40.000) dan Ayam Sambal Merah Carbonara (Rp 35.000) yang jadi menu favorit di sini. Sambil menunggu, kami mengintip pegawai menyiapkan menu pesanan pengunjung. Semuanya ternyata disiapkan fresh berdasarkan pesanan yang masuk.

Untuk saus carbonara sudah dibuat dalam jumlah banyak, hanya saja selalu dipanaskan begitu akan disajikan. Pegawai mengungkap saus carbonara di sini tidak memakai susu, melainkan lebih pada pemakaian krim dan keju cheddar.

Foodz: Gurih Creamy Nasi Carbonara dengan 7 Pilihan ToppingFoto: dok. detikFood

Kuncinya, semua jumlah pemakaian bahan saus carbonara ditimbang agar resepnya selalu presisi. Sehingga siapa pun pegawai yang tengah bertugas bisa membuat rasa saus carbonara yang selalu sama.

Carbonara Philly Cheese tampil menggugah selera dengan lelehan keju. Menu ini terinspirasi Philly Cheesesteak yang populer di Philadelphia, Amerika Serikat. Untuk meraciknya, nasi putih yang pulen wangi disiram saus carbonara.

Selanjutnya lembaran beefsteak ditaruh di atasnya dengan lelehan smoked cheddar dan saus berwarna kecokelatan. Nyamm! Saus carbonara benar-benar bikin jatuh cinta pada suapan pertama. Dalam keadaan hangat, saus ini terasa creamy dan gurihnya pas.

Foodz: Gurih Creamy Nasi Carbonara dengan 7 Pilihan ToppingFoto: dok. detikFood

Nikmatnya bertambah saat menyatu dengan lelehan keju yang gurihnya lebih kuat. Apalagi beefsteaknya empuk dan juicy. Kami menduga Foodz memakai daging bagian tenderloin yang terkenal empuk. Kami rekomendasikan menu ini untuk pencinta daging.

Ayam Sambal Merah Carbonara adalah salah satu nasi carbonara dengan sentuhan lokal di sini. Topping utamanya fillet ayam yang digoreng sebentar dan dilumuri sambal merah. Untuk pelengkapnya ada irisan daun bawang dan potongan kyuri goreng tepung.

Kehadiran sambal merah yang pedasnya ringan ini lumayan bisa menyatu dengan nasi carbonara yang gurih. Namun menurut kami, paduannya tidak seenak seperti Philly Cheese. Meski begitu, ayamnya tetap puaskan selera karena empuk dan gurih.

Foodz: Gurih Creamy Nasi Carbonara dengan 7 Pilihan ToppingFoto: dok. detikFood

Kami justru menyukai pelengkap kyuri. Pegawai mengiris-iris kyuri atau timun Jepang hingga sangat tipis lalu menggorengnya bersama adonan tepung. Teksturnya renyah mirip keripik dengan rasa gurih yang enak. Pas jadi pelengkap saat menyuap nasi carbonara.

Penggemar nasi carbonara sebaiknya tidak melewatkan Foodz. Sebab varian nasi carbonara di sini banyak dengan rasa puaskan selera. Untuk membelinya pun bisa memanfaatkan layanan ojek online. Yuk, coba!

Foodz by Toodz House
Jl. Cipete Raya No.7
Cipete, Jakarta Selatan
Telepon: 0838 95665976
Waktu buka: Minggu-Jumat 09.00-23.00



Simak Video "Nasi Carbonara, Gurih Creamy dalam 7 Varian Menunya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)