Bakso PMI: Gurih Mantap! Bakso Rudal di PMI Bogor yang Legendaris

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 24 Jun 2019 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Bakso PMI termasuk bakso legendaris yang populer hingga kini di Bogor. Menu andalannya, bakso rudal dengan limpahan daging dan urat yang gurih mantap!

Pencinta bakso sebaiknya tak meninggalkan Bogor tanpa mencicip Bakso PMI. Sudah ada sejak 1980, racikan bakso ini pertama kali dijual di belakang Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Bogor, tepatnya di Jalan Abiyasa Raya No. 69.

Bakso PMI: Gurih Mantap! Bakso Rudal di PMI Bogor yang LegendarisLokasi pertama Bakso PMI di Jalan Abiyasa Raya No. 69 (Foto: dok. detikFood)

Selain merujuk pada lokasi awal dijualnya bakso ini, kata PMI juga merujuk pada slogan rumah makan mengenai bakso mereka yaitu "Puas Mantap Isinya". Bakso PMI sekarang memiliki dua cabang. Satu di kawasan kuliner Pandu Raya yang hits di Bogor dan satu lagi di Kantin Gendis, Jalan Bangbarung.

Mau bernostalgia mencicip bakso tersohor ini, kami menyambangi lokasi pertamanya di belakang kantor PMI. Rumah makan ini benar-benar menempati rumah tinggal, bahkan area bersantap di dalamnya tak ubahnya ruang tamu. Hanya saja di bagian depan ada spanduk "Bakso PMI" sekaligus gerobak untuk meracik bakso.

Bakso PMI: Gurih Mantap! Bakso Rudal di PMI Bogor yang LegendarisArea bersantap di Bakso PMI, Bogor (Foto: dok. detikFood)

Ada pula area bersantap di luar yang menempati bagian teras rumah. Dibanding cabang Bakso PMI di kawasan Pandu Raya, gerai di sini tak terlalu padat pengunjung. Bisa jadi pilihan bagi mereka yang tak mau terlalu lama mengantre.

Kami tak melewatkan Bakso Campur (Rp 20.000) yang jadi menu andalan Bakso PMI. Pengunjung bisa memilih pelengkap bakso, mau dengan bihun, mie kuning, atau kwetiau. Untuk sayurannya tersedia irisan sawi dan tauge segar.

Semuanya diracik di gerobak sehingga kami bisa mengintipnya. Pegawai nampak menambahkan bumbu penyedap rasa dan garam di tiap mangkuk usai menaruh pelengkap dan sayuran bakso. Seporsi Bakso Campur berisi satu bakso besar dan empat butir bakso kecil.

Bakso PMI: Gurih Mantap! Bakso Rudal di PMI Bogor yang LegendarisPegawai meracik bakso pesanan pengunjung (Foto: dok. detikFood)

Nampak seluruh adonan bakso berwarna kecokelatan khas daging sapi. Ada juga titik-titik hitam yang sepertinya menandakan penggunaan lada hitam dalam adonan bakso.

Wah! Bakso ini begitu empuk dan gurih di tiap suapnya. Semuanya berpadu dalam kuah kaldu yang bening, gurih, dan menyegarkan. Soal juara, bakso besar menempati urutan pertama. Berupa bakso rudal yang isian daging dan uratnya sangat melimpah. Tekstur kenyalnya begitu puaskan selera!

Rupanya bakso rudal ini yang jadi favorit pengunjung. Dibanding bakso rudal lain, cacahan daging dan urat sapi yang jadi isian bakso besar di sini sangat banyak. Sampai-sampai komposisinya hampir sebesar bulatan bakso itu sendiri. Terlihat dari komposisi adonan daging pembalut bakso yang hanya tipis saja.

Bakso PMI: Gurih Mantap! Bakso Rudal di PMI Bogor yang LegendarisBakso rudal dengan isian daging dan urat mantap di Bakso PMI (Foto: dok. detikFood)

Pengunjung juga bisa menambahkan banyak sambal super pedas dan kecap manis kalau mau lebih nikmat. Oh ya, Bakso PMI juga menyediakan menu Bakso Besar 2 (Rp 26.000) bagi pengunjung yang hanya mau menikmati bakso rudal saja.

Kepada detikFood (23/6), salah seorang pegawai Bakso PMI bercerita pendiri bakso ini adalah Bapak Wardi dari Wonogiri. Di tahun 1980 kabarnya ia menjadi orang pertama yang berinovasi dengan bakso rudal. "Dulu yang lain belum jualan bakso seperti ini (bakso rudal)," tutur pegawai itu.

Bakso PMI: Gurih Mantap! Bakso Rudal di PMI Bogor yang LegendarisTiap hari Bakso PMI bisa habiskan 100 kg daging (Foto: dok. detikFood)

Kini usaha Bapak Wardi dikelola oleh generasi kedua alias anak beliau. Dalam sehari, 3 gerai Bakso PMI bisa menghabiskan 100 kilo gram daging sapi segar. Pegawai itu bercerita, "Bikin baksonya di dapur masing-masing gerai. Hanya saja menggiling dagingnya di pasar yang sama."

Selain Bakso Campur, Mie Ayam Bakso (Rp 23.000) di sini juga patut dicoba. Mienya agak pipih dan lebar dengan topping cincangan daging ayam mantap. Yang kami suka, semua bagian toppingnya berupa daging. Kami hampir tidak menemukan potongan tetelan diantaranya. Makin gurih dan nikmat dengan taburan bawang goreng melimpah. Untuk baksonya berupa bakso besar di mangkuk terpisah.

Bakso PMI: Gurih Mantap! Bakso Rudal di PMI Bogor yang LegendarisMie Ayam Bakso yang juga jadi favorit di Bakso PMI (Foto: dok. detikFood)

Menu lain yang disediakan Bakso PMI adalah Mie Ayam (Rp 15.000) dan Yamin Baso (Rp 23.000). Nah, dengan harga yang relatif terjangkau di kantong, Bakso PMI sangat patut dicicip pencinta bakso saat main ke Bogor. Pastikan tidak melewatkan bakso besar atau bakso rudal yang jadi andalan rumah makan legendaris ini.

Bakso PMI
Jl. Abiyasa Raya No. 69
Jl. Achmad Adnawijaya (Samping Indomaret)
Jl. Bangbarung (Kantin Gendis)
Waktu buka: 11.00 - 21.30 WIB

Telepon: 087870666630

(adr/odi)