Bansan: Ada Rice Bowl Chicken Nanban dan Roast Beef Mantap Gaya Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 27 Nov 2018 12:10 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Mau makan siang praktis? Pesan saja rice bowl di sini. Pilihan toppingnya ada chicken nanban hingga roast beef yang lembut juicy!

Baru buka akhir Oktober 2018, Bansan di kawasan Cipete sudah punya penggemar. Gerai makanan ini adalah milik Paquita Genuschka atau akrab disapa Genus dan rekannya, Gilang Candraditya.

Bansan: Ada Rice Bowl Chicken Nanban dan Roast Beef Mantap Gaya JepangGenus dan Gilang yang memprakarsai Bansan (Foto: dok. detikFood)

Genus yang dikenal sebagai penyiar radio hits ternyata hobi masak. Begitu juga dengan Gilang, temannya semasa SMA. "Kita temenan dari SMA, suka masak bareng. Kuliah kerjaannya juga makan melulu. Akhirnya kita memutuskan untuk serius," kata Genus pada detikFood (15/11).

Untuk lebih mengasah kemampuan masak, Genus dan Gilang bahkan sempat kursus singkat. "Aku juga pernah magang di hotel, jadi tahu dunia kitchen seperti apa. Sedangkan Gilang pernah jadi manajer sebuah restoran Korea," lanjut Genus. Mereka lalu sepakat membuka restoran mungil bernama Bansan.

Bansan: Ada Rice Bowl Chicken Nanban dan Roast Beef Mantap Gaya JepangGerai mungil Bansan di kawasan Cipete (Foto: dok. detikFood)

Konsep Bansan ialah menyajikan makanan Jepang yang sudah mendapat pengaruh budaya Barat atau disebut Yoshoku Food. Konsep ini lalu diwujudkan dalam 3 menu Bansan yaitu OG Chicken Nanban (Rp 40.000), Fire Nanban (Rp 43.000), dan Triple Sauce Roast Beef (Rp 55.000).

Ketiga menu ini disajikan bersama nasi atau dikenal sebagai hidangan rice bowl. OG Chicken Nanban menarik perhatian, berupa potongan ayam goreng tepung mungil berbalut saus kecokelatan. Ada juga siraman saus tartar, taburan daun bawang dan tobiko di atasnya.

Bansan: Ada Rice Bowl Chicken Nanban dan Roast Beef Mantap Gaya JepangOG Chicken Nanban dengan saus tartar homemade dan tobiko (Foto: dok. detikFood)

Di Jepang chicken nanban merupakan makanan khas Prefektur Miyazaki di Pulau Kyushu. Kata 'Nanban' kabarnya berarti "Negara-negara Eropa" dalam bahasa Jepang kuno. Portugis, Belanda, dan Spanyol disebut sebagai negara yang pertama kali memperkenalkan budaya Barat ke Jepang.

Potongan ayam pada chicken nanban terasa gurih dan manis. Makin enak karena Nanban memakai saus tartar homemade yang dibuat baru setiap hari. Penambahan saus ini menghadirkan sentuhan rasa asam yang ringan.

Penasaran dengan versi pedas, kami tak melewatkan Fire Nanban. Tampilannya mirip chicken nanban original, hanya saja balutan sausnya lebih kemerahan. Fire Nanban yang mengingatkan kami akan ayam goreng Korea ini memang dibuat dengan tambahan saus gochujang.

Bansan: Ada Rice Bowl Chicken Nanban dan Roast Beef Mantap Gaya JepangFire Nanban buatan Bansan cocok untuk pencinta pedas (Foto: dok. detikFood)


Huahh! Sengatan pedasnya lumayan kuat dan makin menggigit pada suapan-suapan selanjutnya. Fire Nanban ini sangat cocok bagi pencinta pedas!

Yang paling berbeda dari ketiga menu Nanban adalah Triple Sauce Roast Beef. Menu ini memadukan lembaran tenderloin dan 3 racikan saus khas Nanban. Terlihat daging tenderloin masih berwarna kemerahan di bagian tengahnya.

"Untuk mengolah daging kita pakai teknik sous-vide biar empuk dan warnanya merata. Dagingnya kita marinasi dulu dengan beragam bumbu, dimasukkan ke plastik vakum. Selanjutnya direndam di air dengan suhu dan durasi yang tepat," jelas Genus. Nyamm! Kami membuktikan sendiri keempukan lembaran tenderloin ini. Bagian tengahnya yang masih kemerahan terasa juicy.

Makin enak saat dipadukan light sauce, white sauce, dan truffle brown sauce racikan Genus dan Gilang. Ketiga saus ini menyatu hingga menghasilkan paduan rasa manis dan gurih yang enak. Sayangnya aroma dan rasa saus truffle tak terlalu tercecap pada hidangan ini.

Bansan: Ada Rice Bowl Chicken Nanban dan Roast Beef Mantap Gaya JepangTriple Sauce Roast Beef memakai tenderloin yang lembut, empuk dan juicy (Foto: dok. detikFood)

Soal nasi pada seluruh menu Bansan terasa empuk pulen dengan jejak gurih ringan yang enak. Ini karena Nanban menambahkan furikake pada nasi. Furikake merupakan campuran ikan kering, biji wijen, rumput laut, garam, gula dan perisa makanan yang banyak dipakai di Jepang.

Nah, kalau tertarik mencicip rice bowl ala Bansan bisa pesan lewat layanan ojek online atau menyambangi gerai mungilnya. Kecintaan Gilang pada musik hip hop dituangkan di interior Bansan. Begitu juga dengan lagu-lagu pengiring saat bersantap di sini.

Genus dan Gilang mengatakan ke depannya akan menambah menu-menu baru di Bansan. "Menu utama masih 3 rice bowl itu. Mungkin per bulan ada menu baru biar nggak bosen. Konsepnya tetap Yoshoku food itu," pungkas keduanya.

Bansan
Jl. Cipete Raya No. 65, Fatmawati
Telepon: 021 7663228

(adr/odi)