Sakana: Gurih Enak! Chicken Katsu Don Buatan Hotel Bernuansa Jepang di Karawang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 07 Mar 2018 13:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Karawang - Sakana berlokasi di Delonix Hotel Karawang. Dengan nuansa Jepang kental, restoran ini menyajikan chicken katsu don set dan shabu-shabu yang patut dicicip.

Sakana adalah restoran Jepang yang berlokasi di Mid Plaza 1, Sudirman. Restoran ini juga ada di Delonix Hotel Karawang yang juga bagian Mid Plaza Holding.

Hotel ini terbilang unik karena menawarkan suasana Jepang yang kental. Di kamar, misalnya, memakai kasur yang agak keras. Penggunaan kasur ini meniru kebiasaan orang Jepang yang memang tidak suka kasur empuk agar terhindar dari sakit punggung.

Ada juga ofuro atau tempat pemandian air panas terpisah untuk laki-laki dan perempuan. Ofuro diisi air sulfur yang dibawa langsung dari Ciater sehingga berendam di dalamnya akan memberi efek positif bagi kesehatan.

Sakana: Gurih Enak! <i>Chicken Katsu Don</i> Buatan Hotel Bernuansa Jepang di KarawangArea Bersantap di Sakana (Foto: dok. detikFood)

Restoran di Delonix Hotel Karawang tentunya autentik Jepang. Di Garden Wing Tower, ada restoran Sakana yang dari depan saja sudah menampilkan interior Jepang dengan tirai dan kayu bersekat.

Area makannya terbagi jadi tiga. Ada yang di ruangan biasa, mini bar, dan berkonsep tatami. Nampak ruangan dikelilingi sekat kayu yang membatasi pengunjung satu dengan yang lainnya.

Nah, di sekat-sekat kayu ini juga ditempel kertas bertuliskan huruf Jepang. Kebanyakan tulisan menampilkan informasi menu restoran. Enaknya bersantap di sini, privacy lebih terjaga karena tak bisa melihat dan terlihat olehpengunjung lain.

Menu restoran yang berarti 'Ikan' ini sangatlah banyak. Mulai dari yakitori, bento, sushi, sashimi, ramen, hingga shabu-shabu. Kami sempat mencicip rengkong chips atau keripik akar teratai (Rp 26.000) dari deretan menu pembuka.

Sakana: Gurih Enak! <i>Chicken Katsu Don</i> Buatan Hotel Bernuansa Jepang di KarawangRengkong Chips Berbahan Akar Teratai di Sakana (Foto: dok. detikFood)

Bentuk keripik ini cantik karena berupa akar teratai yang bagian tengahnya berongga. Akar teratai diiris tipis lalu digoreng kering. Bumbunya sedikit taburan garam. Nyamm! Tekstur keripik ini rupanya empuk dan agak kenyal, tidak renyah seperti keripik pada umumnya.

Ada juga Octopus Dumpling (Rp 48.000) atau takoyaki yang menggoda. Enam bola tepung isi gurita ini ditaburi mayonnaise, shoyu dan katsuobushi tipis. Rasanya empuk gurih dengan potongan gurita yang kenyal sebagai isiannya.

Sakana: Gurih Enak! <i>Chicken Katsu Don</i> Buatan Hotel Bernuansa Jepang di KarawangTakoyaki Isi Gurita di Sakana (Foto: dok. detikFood)

Gyoza (Rp 48.000) tak kalah menarik perhatian karena disajikan di atas pan dengan selimut tepung yang renyah. Saat dipotong barulah terlihat bentuk dumpling yang khas. Cincangan ayam jadi isian gyoza yang enak dicocol shoyu ini.

Penasaran dengan yakitori, kami mencicip Kushimori Goten (Rp 72.000) yang menghadirkan 5 macam satai khas Jepang ini. Diantaranya sayap, kulit, fillet dan daging ayam cincang. Cita rasa gurih dengan aroma bakaran sedap tercium dari sajian ini.

Sakana: Gurih Enak! <i>Chicken Katsu Don</i> Buatan Hotel Bernuansa Jepang di Karawang5 Jenis Yakitori di Sakana (Foto: dok. detikFood)

Sebagai menu utama, kami mencicip Chicken Katsu Don Set (Rp 72.000). Mangkuk berisi banyak nasi lalu diberi topping chicken katsu berjumlah royal. Di atasnya lalu diselimuti telur mirip telur orak-arik yang dipadatkan. Tak lupa bawang bombay, potongan daun bawang dan paprika. Harum gurih khas bawang bombay menguar dari sajian ini.

Nasinya juga empuk dengan semburat rasa gurih. Makin enak saat disuap bersamaan dengan chicken katsu renyah dan telur hangat-hangat. Porsinya yang besar dijamin bikin makan siang sangat puas!

Sakana: Gurih Enak! <i>Chicken Katsu Don</i> Buatan Hotel Bernuansa Jepang di KarawangSakana Juga Punya Shabu-shabu (Foto: dok. detikFood)

Shabu-shabu (Rp 94.000) cocok untuk hangatkan perut. Berisi lembaran daging sapi yang tipis dan juicy, rice noodle, tofu, wortel, kol putih dan jamur shimeji. Semuanya berendam dalam kuah kaldu yang gurih ringan.

Bersantap di sini dijamin bikin perut kenyang karena porsinya yang besar. Kalau tak mau terlalu kenyang, ada baiknya 'sharing' bersama teman atau kerabat. Tentunya sambil habiskan waktu mengobrol bersama di restoran nyaman ini.

Sakana
Delonix Hotel Karawang
Komplek Sedana Golf KM. 47, Sukaluyu, Teluk Jambe

Mid Plaza 1, Lantai Basement, Jl. Jenderal Sudirman
Telepon: 021 5746452

(adr/odi)