Slawi Ayu: Nikmatnya Sate Kambing Gaya Tegal dengan Bumbu Kecap Pedas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 27 Nov 2017 11:25 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Di Warung Buncit ada tempat makan sate kambing nikmat. Potongan daging satenya empuk juicy dengan baluran bumbu kecap khas Tegal.

Menyusuri kawasan Warung Buncit, tepatnya di seberang Rumah Sakit JMC, ada rumah makan sederhana bernama Sate Tegal Slawi Ayu. Tiap kami melintas, rumah makan sering kali penuh pengunjung.

Penasaran dengan racikan sate Tegal di sini, kami melipir untuk mengisi perut. Layaknya kebanyakan rumah makan sate Tegal, menu yang disajikan serba kambing. Selain sate, ada sop, gulai dan tongseng kambing.

Slawi Ayu: Nikmatnya Sate Kambing Gaya Tegal dengan Bumbu Kecap PedasFoto: dok. detikFood

Ada juga beberapa olahan daging ayam seperti sate dan tongseng untuk mereka yang tak suka kambing. Sate kambing (Rp 38.000) dan tongseng ayam (Rp 16.000) jadi incaran kami saat ke sini.

Seporsi sate kambing berisi 10 tusuk. Kami sempat mengintip proses pembuatan sate. Menurut pegawai, mereka hanya memakai kambing berusia dibawah tiga atau lima bulan untuk diolah. Pengunjung bisa pilih isian sate ingin daging saja atau diselip lemak.

Pertama, sate dicelupkan sebentar ke bumbu rendaman nanas. Selanjutnya sate dibakar sebentar hingga matang. Untuk bumbunya, karena memakai gaya Tegal, berupa kecap manis dengan irisan bawang merah, tomat dan cabai rawit hijau yang segar.

Slawi Ayu: Nikmatnya Sate Kambing Gaya Tegal dengan Bumbu Kecap PedasFoto: dok. detikFood

Nyamm! Satenya empuk dan juicy. Makin enak karena ada selipan lemak yang gurih dan lumer di mulut. Dipadukan dengan bumbu kecap, sate Tegal makin nikmat. Sayangnya ukuran dagingnya agak mungil dibanding sate Tegal lain.

Oia, penggunaan bawang merah dan tomat juga memberi sentuhan segar yang enak. Kalau mau sengatan pedas, tinggal menggigit potongan cabai rawit.

Sementara itu, tongseng ayam disajikan hangat-hangat. Kuahnya kuning keruh dengan jejak minyak di permukaannya. Isian tongseng ada potongan kol, tomat hijau dan cabai rawit merah. Dagingnya sendiri memakai potongan sate ayam.

Slawi Ayu: Nikmatnya Sate Kambing Gaya Tegal dengan Bumbu Kecap PedasFoto: dok. detikFood

Slurrpp! Kuah tongseng yang hangat terasa cukup gurih. Kekentalannya juga tidak terlalu kuat. Namun daging ayamnya empuk dan berpadu enak dengan seluruh isian tongseng. Paling pas disantap dengan nasi hangat.

Sate Tegal Slawi Ayu sudah berjualan sejak 2012. Dalam sehari rumah makan bisa menghabiskan 1-2 ekor kambing. Nah, kalau siang ini melintas di kawasan Warung Buncit, Anda bisa mampir makan siang di sini.

Sate Tegal Slawi Ayu
Jl. Warung Buncit Raya No. 8, Pasar Minggu
Telepon: 085777600081




(adr/adr)