Bakso Gulung Bragi: Sedap Mantap! Bakso Gulung dengan Bakso Urat dan Daging yang Kenyal Gurih

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 23 Mei 2017 12:10 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Warung bakso di Bogor ini menawarkan varian unik. Berupa bakso panjang berbalut kembang tahu yang gurih enak. Mantap!

Variasi bakso memang tak ada habisnya. Dari sisi bentuk, bakso kini tak hanya bulat. Ada yang bentuknya kotak, gepeng hingga menyerupai barbel. Nah, di Bogor sebuah warung rumahan menyediakan bakso gulung.

Warung makan ini bernama "Bakso Gulung Bragi." Lokasinya ada di sekitar wilayah perumahan Jalan Palayu Raya. Spanduk kuning merah terang yang ada di luarnya bisa jadi penanda.

Bakso Gulung Bragi: Sedap Mantap! Bakso Gulung dengan Bakso Urat dan Daging yang Kenyal GurihFoto: detikFood

Warung bakso ini menempati bangunan rumah. Area garasi diperuntukkan sebagai tempat meracik bakso. Sementara tempat bersantap ada di teras dan ruang tamu rumah.

Menu Bakso Gulung Bragi adalah bakso gulung dengan paduan bakso urat, bakso daging, otak-otak, bakso telur atau komplet. Mie ayam juga tersedia dalam pilihan mie ayam biasa, mie ayam bakso dan mie ayam bakso gulung.

Tak usah khawatir soal kehalalan, warung bakso ini sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI Provinsi Jawa Barat. Salinan sertifikat dipajang dekat menu sebagai bukti.

Seporsi Bakso Komplet (Rp 24.000) dan Bakso Gulung Telur (Rp 18.000) jadi santap siang kami. Pelengkap bakso bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari mie kuning, bihun, kwetiau dan sayuran.

Bakso Gulung Bragi: Sedap Mantap! Bakso Gulung dengan Bakso Urat dan Daging yang Kenyal GurihFoto: detikFood

Bakso komplet berisi bakso gulung, bakso urat dan daging. Slurrpp! Kuah baksonya terasa hangat gurih. Hanya saja gurihnya kaldu daging tak tercecap kuat.

Bakso gulung berbentuk memanjang sekitar 5 cm. Adonan daging bakso kemudian dibalut kulit tahu yang nampak berserabut. "Bakso gulung ini saya buat 8 tahun lalu. Dipicu persaingan yang makin ketat, saya bikin bakso yang unik," ujar Riyadi, pemilik Bakso Gulung Bragi kepada detikFood (20/5).

Riyadi mengaku dalam membuat bakso gulung hanya membutuhkan percobaan dua kali hingga menemukan racikan yang tepat. Nyamm! Bakso gulung terasa empuk dan padat. Sementara balutan kulit tahunya tak mempengaruhi rasa bakso melainkan hanya memberi tekstur lembut saat bakso digigit.

Namun menurut kami rasa bakso gulung sedikit keasinan. Kalaulah rasa asinnya dikurangi, pasti lebih nikmat.

Sementara itu, tampilan bakso urat diiris seperti bunga. Tekstur bakso sedikit lebih kenyal dengan cacahan urat yang puaskan selera. Rasa gurihnya lebih pas dibanding bakso gulung.

Varian bakso komplet ini juga menghadirkan bakso halus berisi daging cincang. Adonan baksonya mirip bakso gulung, hanya saja bentuknya bulat dan berisi daging cincang. Wah, satu porsi bakso komplet ini terasa mengenyangkan!

Bakso Gulung Bragi: Sedap Mantap! Bakso Gulung dengan Bakso Urat dan Daging yang Kenyal GurihFoto: detikFood

Bakso Gulung Telur jadi incaran selanjutnya. Isiannya berupa bakso gulung dan bakso daging. Bedanya ada tambahan bakso besar berisi sebutir telur ayam. Bakso ini puaskan selera pencinta bakso telur karena memadukan gurihnya bakso dengan telur ayam.

Oia, kalau mau pedas, pengunjung bisa menambahkan sambal merah yang tersedia. Rasa pedasnya tak terlampau kuat sehingga Anda perlu banyak menambahkannya jika ingin kuah super pedas.

Dalam sehari Riyadi bisa membuat adonan bakso memakai 10-15 kg daging. "Jumlah ini sebenarnya menurun. Dulu bisa sampai pakai 20 kg daging," tuturnya. Ia membuat seluruh bakso di rumah yang sama dengan tempat berjualan.

Penasaran dengan mie ayam dan bakso gulung otak-otak, kami juga ingin mencicipnya. Tapi sayang saat kami mampir stoknya sedang habis.

Nah, kalau siang ini Anda ngidam bakso yang segar untuk makan siang, Bakso Gulung Bragi bisa jadi pilihan. Pastikan mencicip bakso gulung komplet yang jadi favorit di sini.

Bakso Gulung Bragi
Jl. Palayu Raya No. 21, Bogor Utara
Bogor

(adr/odi)