Uncle K: Sedap Mengenyangkan Nasi Simangunsong dan Mie Kangkung Terasi Khas Melayu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Mei 2017 12:22 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Siang ini mau cicip hidangan Melayu? Restoran ini bisa jadi pilihan. Ada mie kangkung terasi hingga nasi simangunsong sedap sebagai pilihan.

Uncle K adalah restoran asal Malaysia yang menyajikan menu Melayu. Di Indonesia, restoran membuka gerai pertamanya di Medan. Kini cabang restoran yang berdiri tahun 2013 ini tersebar di beberapa kota besar di Indonesia termasuk Depok.

Main ke Margo City, kami tergoda melipir ke gerai Uncle K. Terlebih ada stan pembuatan roti canai, martabak, hingga roti tissue di bagian depan.

Bukan hanya camilan, Uncle K rupanya menawarkan banyak pilihan menu. Dari kategori nasi ada nasi lemak aneka lauk, nasi simangunsong, nasi goreng rendang hingga nasi goreng ayam tangkap.

Uncle K: Sedap Mengenyangkan Nasi Simangunsong dan Mie Kangkung Terasi Khas MelayuFoto: detikFood

Ada pula pilihan mie seperti kwetiaw, laksa kari Singapura, mie pangsit dan mie kangkung. Nah, kalau mau camilan bisa mencicip ubi kayu (singkong) goreng, dumpling goreng, bakwan dan kaya toast khas Singapura.

Bosan nasi lemak, kami memilih Nasi Simangunsong (Rp 40.800) sebagai santapan siang. Di atas piring nampak nasi berwarna kecokelatan, ayam goreng tepung ukuran jumbo dan cah kangkung belacan.

Nasi berwarna cokelat muda terasa empuk pulen. Terlihat ada campuran telur diantaranya. Seperti layaknya sajian nasi simangunsong, nasi ditumis dengan ikan asin namun rasanya gurih ringan.

Ayam goreng tepung begitu puaskan selera. Dagingnya empuk dengan balutan tepung tebal yang renyah gurih. Enak disuap bersama nasi.

Uncle K: Sedap Mengenyangkan Nasi Simangunsong dan Mie Kangkung Terasi Khas MelayuFoto: detikFood

Hmmm... Cah kangkung belacan menggugah selera dengan aroma terasi yang sedap. Kangkungnya renyah segar karena dimasak tak terlalu lama. Namun sayangnya cah kangkung tak terasa gurih tetapi cenderung pahit.

Puas dengan nasi, Mie Kangkung Terasi (Rp 31.800) tak kami lewatkan. Mie yang dipakai seperti mie kuning untuk mie Aceh. Tekstur mienya kenyal dan terasa pas di lidah kami.

Bumbu belacan mie terasa lebih enak dibanding cah kangkung. Rasa gurihnya membalut mie dan isiannya dengan baik. Kami menduga mie juga dimasak bersama kaldu.

Uncle K: Sedap Mengenyangkan Nasi Simangunsong dan Mie Kangkung Terasi Khas MelayuFoto: detikFood

Mengenai isian mie, nampak kangkung, tauge, dan cabai diantaranya. Pelengkapnya udang empuk dan taburan bawang goreng. Slurrp! Sajian ini begitu mengenyangkan.

Penasaran dengan yang manis-manis, kami ingin mencicip roti prata atau tissue, tapi sayangnya sedang habis. Kaya Nyonya Butter Toast (Rp 18.800) akhirnya jadi pilihan.

Empat potong roti panggang mungil berisi potongan butter dan olesan srikaya. Rasa manis srikayanya pas dengan sedikit tekstur berserat. Berpadu enak dengan gurihnya butter.

Uncle K: Sedap Mengenyangkan Nasi Simangunsong dan Mie Kangkung Terasi Khas MelayuFoto: detikFood

Sebagai pembilas dahaga ada Ice Coffee Milo (Rp 19.800) untuk disesap. Minuman dingin ini memadukan kopi dan susu cokelat Milo sehingga menghasilkan rasa unik. Meski manisnya susu cokelat terasa lebih dominan.

Masih ingin yang segar-segar, jus kedondong (Rp 19.800) akhirnya jadi pilihan. Cita rasa asam segar kedondong begitu pas membilas rasa gurih makanan.

Tertarik mencicip? Anda bisa menyambangi Uncle K. Selain di Depok, gerainya ada di Batam, Banda Aceh, Bireuen, Jambi, Medan, Kisaran, Palembang dan Yogyakarta.

Uncle K
Lantai Ground, Margo City
Instagram: unclekgroup

(adr/odi)
Load Komentar ...