BCA Pak Hasan: Sedap! Yamien Berpadu dengan Bakso Ceker Ayam Berkuah Hangat

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 15 Mei 2017 11:19 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Bakso plus ceker ayam racikan pak Hasan ini wajib dicoba. Mie yamin yang manis gurih semakin sedap disantap dengan bakso berkuah hangat dan ceker lembut!

Berjalan-jalan ke Bandung, tak harus mencicip restoran atua kafe. Akan tetapi tak jauh dari stasiun Bandung, tepatnya di Jalan Kebon Kawung Kios Barat persis di depan Hotel Zodiak ada warung makan bertuliskan BCA (Bakso Ceker Ayam) Pak Hasan.

BCA Pak Hasan: Sedap! Yamien Berpadu dengan Bakso Ceker Ayam Berkuah HangatFoto: Detikfood


Seperti warung bakso pada umumnya, Pak Hasan menempati satu ruko. Ada gerobak tempat meracik bakso dan beberapa meja dan kursi plastik yang tersusun di dalamnya.

Di jam makan siang, warung ini mulai dipadati pengunjung walaupun tempatnya kecil. Kami harus menunggu pengunjung yang selesai makan untuk mendapatkan tempat duduk.

Pilihan menunya beragam. Anda bisa mencicip mie bakso kuah, bakso ceker ayam, bihun bakso kuah, yahun manis, yahun asin serta yamin manis dan yamin asin.

Berjualan sejak tahun 1996, sajian bakso ceker ayam dan yamin menjadi andalannya dan menjadi favorit banyak pelanggannya baik dari Bandung maupun Jakarta.

BCA Pak Hasan: Sedap! Yamien Berpadu dengan Bakso Ceker Ayam Berkuah HangatFoto: Detikfood


"Saya sudah jualan di sini sejak tahun 96, tapi dulu tidak di ruko, masih jualan di gerobak tapi tetap di sini. Di ruko baru sekitar 6 bulan. Langganan banyak, saya punya langganan sampai dari Jakarta sudah 8 tahun dan kalau ke Bandung sering mampir ke sini," cerita Pak Hasan.

Yamin manis dengan campuran bakso dan ceker jadi pilihan kami (Rp 20.000). Dalam proses pengolahannya, mie direbus dalam panci sebelah kanan dan kemudian dipindah ke panci sebelah kiri. Cara ini dilakukan agar kuah kaldu bakso tidak butek dan lebih enak rasanya.

Tak menunggu lama. seporsi yamin manis dan semangkuk bakso dan ceker tersaji di meja. Hmm, aromanya gurih berasal dari kaldu bakso yang gurih.

BCA Pak Hasan: Sedap! Yamien Berpadu dengan Bakso Ceker Ayam Berkuah HangatFoto: Detikfood


Sebelum mencoba bakso, kami terlebih dahulu mencoba yamin. Mie berwarna kuning pucat dicampur dengan bumbu berwarna cokelat dan dicampur dengan kecap. Tekstur mienya lembut dengan rasa gurih manis. Semakin sedap saat disajikan dengan taburan seledri dan bawang goreng.

Slurp! Kuah kaldu yang gurih terasa nikmat. Di dalam kuah kaldunya terdapat satu buah bakso berukuran sedang dan dua buah bakso berukuran kecil dengan empat buah ceker.

Cekernya berukuran kecil dengan tekstur daging yang lembut. Cekernya direbus selama berjam-jam sehingga mudah dilepas dari tulangnya. Sedangkan baksonya punya tekstur yang kenyal dengan warna abu-abu muda dengan permukaan yang tidak rata. Saat digigit, baksonya bertekstur lembut dengan jejak urat yang cukup terasa.

Hampir sama dengan kuah kaldu pelengkap yamien. Seporsi bakso ceker ayam (Rp 20.000) disajikan lengkap dengan mie kuning. Sekilas, sajian ini mirip seperti mie kocok.

BCA Pak Hasan: Sedap! Yamien Berpadu dengan Bakso Ceker Ayam Berkuah HangatFoto: Detikfood


Disajikan mengepul panas, semangkuk bakso berisi satu buah bakso berukuran sedang, dua buah bakso kecil ditambah dengan empat buah ceker ayam. Mienya yang agak gepeng dan mulur semakin nikmat dipadukan dengan siraman kuah kaldu bakso dan ceker yang gurih.

Dalam sehari, Pak Hasan mampu menjual sekitar 200 porsi. "Buka setiap hari, paling libur kalau capek saja. Saya buka hingga malam, karena kan kalau malam disepanjang jalan ini banyak juga yang jual makanan," jelas Pak Hasan.

Semakin enak ditambah dengan racikan sambal rawit yang pedas. Jangan lupa juga santap dengan kerupuk pangsit yang renyah. Dijamin puas dan enak. Mampir yuk!

Baso Ceker Ayam Pak Hasan
Jl. Kebon Kawung Kios Barat
Depan Hotel Zodiak
Telp: 085314870358
Buka: 11.00 - 23.00 WIB


(msa/odi)
Load Komentar ...