Soto Betawi Afung: Gurih Nikmat, Rasa Legendaris Soto Betawi dan Soto Mie

Maya Safira - detikFood Senin, 08 Mei 2017 13:32 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Di kawasan Pecinan ada soto Betawi terkenal. Racikan soto gurih dipadukan dengan paru renyah. Ada juga soto mie yang tak kalah mengundang selera.

Gang Gloria di Pancoran Glodok punya menawarkan aneka kuliner. Salah satu yang sudah lama populer yaitu Soto Betawi Afung.

Sejak tahun 1982 tempat soto Betawi ini sudah berdiri. Pemiliknya seorang China Betawi. Sekarang Soto Betawi Afung juga punya cabang di Puri Kembangan dan Kelapa Gading.

Soto Betawi Afung: Gurih Nikmat, Rasa Legendaris Soto Betawi dan Soto MieFoto: Detikfood


Ketika sedang berada di Gang Gloria, kami tak melewatkan kunjungan ke sana. Tempatnya terlihat sederhana, namun pembeli terus ada silih berganti.

Di dekat pintu masuk ada tempat meracik soto Betawi. Dalam lemari kaca bisa terlihat aneka jeroan, daging dan sayuran untuk isi soto. Dua panci besar berisi kuah terletak di sampingnya.

Untuk menunya, rumah makan hanya punya dua menu yaitu Soto Betawi dan Soto Mie. Keduanya bisa memakai isian campur, ayam, daging, babat, urat, kikil atau paru.

Soto Betawi Afung: Gurih Nikmat, Rasa Legendaris Soto Betawi dan Soto MieFoto: Detikfood


Kami memesan Soto Betawi (Rp 37.000) dengan isi daging dan paru. Pada mangkuk terlihat potongan daging, paru, emping, daun bawang hingga bawang goreng mengapung di permukaan kuah putih sedikit kecokelatan.

Rasa kuahnya begitu gurih dengan aroma sedap. Meski memakai santan, teksturnya cenderung encer. Tidak terlalu kental sehingga tak membuat eneg.

Soto Betawi Afung: Gurih Nikmat, Rasa Legendaris Soto Betawi dan Soto MieFoto: Detikfood


"Bedanya soto Betawi di sini karena pakai sumsum tulang untuk kuahnya. Ada campuran santan juga," ungkap Siti yang sudah bekerja di sana sejak tahun 1990an.

Isian dagingnya juga terasa empuk, tanpa kesulitan mengunyahnya. Paru jadi juara soto Betawi ini. Teksturnya begitu renyah, nikmat disuap dengan kuah soto.

Pelengkap lainnya ada potongan kentang, emping, hingga tomat yang menambah kelezatan sajian. Jika mau lebih segar, bisa menambah sedikit perasan jeruk limo. Mantap!

Kami juga sempat mencoba Soto Mie (Rp 40.000) isi daging dan kikil. Tampilan soto mie gaya Jakarta ini mengingatkan kami akan sup karena ada irisan wortel. Tapi kuahnya cenderung cokelat bening.

Soto mie cukup padat isian. Ada irisan kol, wortel, tomat, mie kuning, bihun, daging, kikil, dan irisan risol.

Soto Betawi Afung: Gurih Nikmat, Rasa Legendaris Soto Betawi dan Soto MieFoto: Detikfood


Kuah soto mie terasa segar ringan. Citarasa kaldu sapi cukup kuat.

Kikil yang dipakai dalam soto mie terasa kenyal dan lumer di mulut. Nikmat! Daging yang dipakai juga empuk. Seporsi soto mie ini begitu mengenyangkan.

Di sekitar Soto Betawi Afung ada banyak jajanan yang bisa dicoba. Seperti cakwe, rujak dan lainnya.

Soto Betawi Afung
Gang Gloria
Glodok
Jakarta Barat
Telp: 021-6901496
Jam buka: 05.30-16.00


(msa/odi)
Load Komentar ...