Tamoya: Enak Mengenyangkan Sanuki Udon dan Rice Bowl Bertabur Daging Pedas

Maya Safira - detikFood Rabu, 12 Apr 2017 11:28 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta -
Di sini bisa menikmati udon dengan irisan daging yang enak sekaligus menghangatkan. Bagi penyuka donburi tersedia topping cincangan daging yang pedas gurih. Nyam!

Sudah lama kami penasaran mencoba Tamoya Udon yang punya beberapa cabang di mal-mal Jakarta. Mumpung sedang ke One Belpark, kami mampir ke restoran udon asal Jepang ini untuk mencicipinya.

Tampak di bagian depan restoran ada gambar pendirinya, Tamotsu Kurokawa. Di sana tertulis Kurokawa sebagai juara pembuat sanuki udon nomer satu di Jepang.

Masuk ke restoran, nampak suasana nyaman dengan pemakaian furnitur didominasi kayu warna cokelat muda. Beberapa lampion merah ikut mempercantik tampilan restoran.

Tamoya: Enak Mengenyangkan Sanuki Udon dan Rice Bowl Bertabur Daging PedasFoto: Detikfood


Pemesanan makanan langsung dilakukan di area bagian tengah restoran. Layaknya kebanyakan restoran dengan menu andalan udon.

Konsumen bisa memesan jenis mie, topping hingga aneka pelengkap goreng. Tamoya menawarkan udon warna putih dan hitam. Tadinya kami mau memesan yang hitam, namun sayangnya sedang habis.

Sementara racikan udon ada pilihan Beef Kamatama Udon, Karamiso Beef Udon, Asari Udon, Tori Paitan Udon, Sanuki Udon, Curry Udon, Alla Carbonara Udon dan lainnya. Selain udon, Tamoya juga mempunyai menu nasi antara lain Chicken Katsu Curry Rice, Beef Rice, dan Chicken Teriyaki Rice.

Karena Sanuki Udon jadi andalannya, kamipun tak melewatkan menu Sanuki Beef Udon (Rp 48.182). Gorengan bisa mendampingi santapan udon. Seperti tempura udang, chicken karage, potato croquet, jamur, ubi, dan terung. Kami menjatuhkan pilihan pada Kagiage (Rp 9.091).

Tamoya: Enak Mengenyangkan Sanuki Udon dan Rice Bowl Bertabur Daging PedasFoto: Detikfood


Tersaji hangat, permukaan sanuki beef udon tampak dipenuhi irisan daging dan bawang bombay. Ada juga selipan rumput laut dalam udon berkuah kecokelatan ini. Supaya makin komplet, kami bisa meracik udon dengan tambahan irisan cabai rawit, daun bawang, jahe, hingga remahan gorengan yang tersedia di area khusus.

Udon buatan restoran terasa lembut dan kenyal empuk. Enak dihirup bersama kuah udon gurih dengan citarasa paduan dashi dan shoyu kuat. Terlihat kuah ini agak sedikit berminyak.

Irisan daging tipis yang jadi topping terasa gurih dan agak sedikit manis. Sedikit mirip bumbu teriyaki.

Daging dicampur dengan irisan bawang bombay yang lumayan banyak. Tambahan rumput laut ikut memberi citarasa gurih pada sajian. Kami menyukai udon yang ringan dan menghangatkan ini.

Tamoya: Enak Mengenyangkan Sanuki Udon dan Rice Bowl Bertabur Daging PedasFoto: Detikfood


Akan tetapi kakiage yang terbuat dari irisan wortel, kol, bawang bombay dan paprika terasa kurang istimewa. Meski tepungnya renyah namun gorengan cukup berminyak. Citarasanya cenderung manis dan kurang gurih.

Kami sempat juga mencoba Karamiso Beef Rice (Rp 50.000). Rice bowl ini diberi topping daging cincang, telur setengah matang dan beni shoga (acar jahe). Aroma olahan daging cincangnya terasa mengundang.

Topping daging cincang terasa gurih cenderung pedas. Seperti ada paduan cabai, shoyu dan bawang putih. Daging juga diberi irisan bawang bombay yang cenderung manis.

Tamoya: Enak Mengenyangkan Sanuki Udon dan Rice Bowl Bertabur Daging PedasFoto: Detikfood


Telur setengah matang semakin melengkapi sajian. Tidak ada jejak amis yang mengganggu. Ketika disuap bersama, nasi terasa nikmat dengan dominasi rasa dari daging cincang. Sentuhan creamy didapat dari penggunaan telur.

Nah bila sedang ingin menikmati udon atau rice bowl, Tamoya bisa Anda coba. Itadakimasu!

Tamoya
One Belpark Lt. Ground
Jl. Raya Fatmawati
Fatmawati
Jakarta Selatan
Telp: 021-22764658

Central Park Lt. Lower Ground
Jl. Letjen S. Parman
Tanjung Duren
Jakarta Barat


(msa/odi)
Load Komentar ...