Bulaluhan Sa Espana: Gurihnya Sup Tulang Sumsum dan Ikan Goreng Gaya Warteg Manila

Maya Safira - detikFood Kamis, 06 Apr 2017 13:08 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Rumah makan sederhana di Manila ini menyediakan sup daging yang segar nikmat. Makanan rumahan lainnya seperti ikan goreng dan kulit ayam juga layak dicoba.

Dalam perjalanan 15-hr Food Frenzy Safari (4/4), kami sempat mampir ke sebuah rumah makan sederhana yang disebut carinderia. Carinderia merupakan tempat makan lokal Filipina yang mirip dengan warung makan. Biasanya diisi dengan jejeran meja dan kursi kayu.

Beragam makanan rumahan bisa dinikmati di carinderia. Mirip seperti warteg, umumnya makanan sudah siap tersaji di balik etalase kaca. Pembeli tinggal menunjuk menu yang diinginkan. Karena itulah carinderia juga dikenal dengan "turo-turo" dalam bahasa Filipina yang berarti "tunjuk-tunjuk".

Bulaluhan Sa Espana: Gurihnya Sup Tulang Sumsum dan Ikan Goreng Gaya Warteg ManilaFoto: Detikfood


Bulaluhan Sa Espana termasuk salah satu carinderia di Manila. Rumah makan milik Florenia Pineda ini sudah ada sejak tahun 1998. Keberadaannya populer di kalangan pelajar, supir kendaraan umum dan pekerja kantoran di kawasan Espana Boulevard. Mereka menikmati makanan di sana mulai dari pagi hingga malam hari karena carinderia buka 24 jam.

Dari tampilannya, rumah makan tampak sederhana saja. Terlihat meja kayu panjang yang dilengkapi kursi-kursi plastik yang dominan warna kuning. Tak jauh dari pintu masuk bisa dilihat jejeran makanan dalam wadah-wadah stainless steel. Mulai dari sajian berkuah, ikan, olahan kambing, ayam, sayuran, sosis dan masih banyak lagi.

Bulaluhan Sa Espana: Gurihnya Sup Tulang Sumsum dan Ikan Goreng Gaya Warteg ManilaFoto: Detikfood


Menu populer Filipina seperti Adobo, Kaldareta, Sisig, dan Kare Kare ada di sini. Tersedia juga Ensalada Ampalaya (olahan pare), Tortang Talong (omelet terung), dan Chicharon Bulaklak (usus babi goreng).

Andalan restoran berupa Bulalo atau sup sapi khas Filipina. Terdapat pilihan bulalo spesial dan regular di sini.

Kami sempat mencicipi Bulalo Special yang dijual seharga 155 peso (Rp 41.000). Dalam sebuah mangkuk terlihat ada potongan daging sapi, tulang sumsum, potongan jagung dan kol. Aroma wangi kaldu gurih langsung tercium dari sajian.

Kuahnya yang berwarna cokelat muda terasa gurih kaldu. Munculnya rasa kaldu didapat dari proses masak daging sapi bagian shank dan tulang sumsum selama 6-8 jam. Karenanya kolagen dan lemak ikut meleleh ke dalam kaldu. Bumbu sup sendiri cukup ringan antara lain garam, leek, lada, bawang dan kecap ikan.

Dagingnya juga terasa begitu empuk tanpa ada kesulitan mengunyahnya. Ditambah lagi lelehan sumsum di dalam tulang yang mudah disendoki. Nikmat disantap dengan nasi hangat!

Orang Filipina kerap menikmati bulalo dengan saus pelengkap. Saus diracik dari cabai, air jeruk kalamansi dan soy sauce. Cocok bagi yang ingin rasa lebih segar.

Lauk lainnya yang bisa jadi pendamping makan bulalo yaitu Tawilis seharga 48 peso (Rp 13.000). Tawilis merupakan ikan kecil air tawar yang hanya ditemui di Danau Taal, privinsi Batangas.

Bulaluhan Sa Espana: Gurihnya Sup Tulang Sumsum dan Ikan Goreng Gaya Warteg ManilaFoto: Detikfood


Di Bulaluhan Sa Espana, ikan digoreng tepung sampai kering. Rasanya begitu gurih dan renyah. Mengingatkan kami akan ikan bilis. Dimakan tanpa apapun sudah enak. Apalagi ketika dipadukan dengan nasi.

Menu lainnya yang patut dicoba yaitu Balat ng Manok seharga 48 peso (Rp 13.000). Sebenarnya ini merupakan kulit ayam yang digoreng kering bersama balutan tepung.

Bulaluhan Sa Espana: Gurihnya Sup Tulang Sumsum dan Ikan Goreng Gaya Warteg ManilaFoto: Detikfood


Tentu saja rasanya begitu enak dan renyah. Balutan tepungnya dibuat mirip seperti tekstur ayam KFC. Bumbunya juga gurih seperti ada cecapan rasa bawang putih ringan dan lada. Sedap!

Menu-menu tersebut sukses membuat nasi kami habis tak bersisa. Sebab rasanya sesuai dengan lidah kami dan mengingatkan akan makanan rumahan.

Bila sedang di Manila, coba mampir ke Bulaluhan Sa Espana. Rasakan langsung pengalaman makan di carinderia layaknya warga lokal.

Bulaluhan Sa Espana
Espana Boulevard Corner Josefina
St. Sampaloc
Manila
Filipina
Telp: (+63) 921 411 9737, (+63) 2781 7353 (msa/odi)
Load Komentar ...