Rumah Makan Pesona: Lembut Gurih Ikan Kuwe Bakar Berbumbu Makassar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 27 Mar 2017 12:40 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Di Depok ada rumah makan seafood yang patut dicoba. Ada ikan kuwe bumbu rempah khas Makassar, cumi goreng tepung hingga udang saus Padang nikmat di sini.

Olahan seafood bisa jadi pilihan menu makan siang hari ini. Jika Anda tinggal atau sedang melintas di Depok, mampirlah ke Rumah Makan Pesona. Letaknya persis di depan perumahan Gema Pesona Estate di Jalan Tole Iskandar.

Beragam olahan seafood segar tersedia di sini. Mulai dari ikan laut, cumi, udang, dan kepiting. Sementara bumbunya bisa dipilih berdasarkan tiap jenis seafood. Diantaranya "Bakar Kecap," "Bakar Pesona," "Bakar Pedas," saus Padang, goreng tepung, dan sebagainya.

Rumah Makan Pesona: Lembut Gurih Ikan Kuwe Bakar Berbumbu MakassarFoto: detikFood

"Semua seafood dipasok segar dari Muara Angke," ujar seorang pegawai. Kamipun memilih ikan kuwe seberat 3,5 ons (Rp 66.500), cumi goreng tepung (Rp 37.500), udang saus Padang (Rp 42.000), dan cah kangkung polos (Rp 13.000) sebagai menu makan siang.

Ikan kuwe bakar "Bumbu Pesona" tersaji hangat. Nampak totolan bekas bakaran di permukaannya diselimuti bumbu tebal berwarna kekuningan. Hmmm... Aroma gurihnya bikin lapar. Begitu dikeruk, daging ikannya ternyata kokoh dan tebal.

Teksturnya yang lembut berpadu enak dengan cita rasa gurih berempah. Ini karena pemakaian Bumbu Pesona yang merupakan bumbu rempah khas Makassar.

Rumah Makan Pesona: Lembut Gurih Ikan Kuwe Bakar Berbumbu MakassarFoto: detikFood

Bumbu sepertinya dibuat dengan campuran kemiri, kunyit, jahe, bawang putih, dan bumbu dapur lainnya. Pemakaian bumbu ini mampu menonjolkan cita rasa manis alami ikan yang segar.

Makin enak saat kami mencocolnya dengan sambal kecap dan sambal terasi. Sambal kecap diracik dari potongan bawang merah dan cabai rawit. Sementara sambal terasi teksturnya cukup basah dengan tendangan rasa pedas kuat.

Cumi goreng tepung tak kami lewatkan. Potongan cumi dibalut tepung yang tebal namun tetap renyah. Agaknya karena tepung terigu dicampur telur dalam proses pembuatannya. Sayangnya cumi terasa cukup alot sehingga sulit dikunyah.

Rumah Makan Pesona: Lembut Gurih Ikan Kuwe Bakar Berbumbu MakassarFoto: detikFood

Makan siang makin nikmat dengan udang saus Padang. Lima potong udang ukuran besar berendam dalam kuah saus kemerahan. Terlihat irisan bawang bombay di permukaannya.

Berbeda dengan cumi yang kurang puaskan selera, udang saus Padang ini mantap rasanya! Dagingnya tebal dan juicy, berpadu enak dengan cita rasa saus yang gurih, pedas dan sedikit manis. Nyamm!

Cah kangkung di sini juga mantap. Kangkung ditumis hingga renyah segar dengan bawang putih dan beragam bumbu lainnya. Tercecap rasa gurih seperti saus tiram pada sajian ini.

Rumah Makan Pesona: Lembut Gurih Ikan Kuwe Bakar Berbumbu MakassarFoto: detikFood

Sang pemilik rumah makan, Herman, rupanya bukan orang asli Makassar. Ia berasal dari Cianjur namun pernah kerja di Makassar. Usaha rumah makan seafood sudah dijalaninya hampir 20 tahun.

Sebelumnya ia berpindah-pindah tempat jualan, sempat mengusung nama rumah makan "Aroma Makassar." Lokasinya mulai dari di Jalan Margonda Raya, Jalan Juanda, dan kini di Jalan Tole Iskandar. Meski sudah sering berpindah tempat, rumah makannya selalu dicari oleh para pelanggan setianya.

Nah, kalau siang ini mau makan seafood enak, Rumah Makan Pesona patut disambangi. Tersedia juga menu paket murah meriah sebagai pilihan.

Rumah Makan Pesona
Jalan Tole Iskandar No. 44
Depok
Telepon: 021 77829000

(adr/odi)
Load Komentar ...