Plate by Plate: Gurih Enak Ayam Goreng Berbumbu Rempah Ada di Sini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 17 Jan 2017 12:31 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Siang ini enaknya makan aneka hidangan Asia. Seperti dumpling, mie goreng Thailand, dan ayam bumbu rempah di restoran ini.

Menyusuri kawasan Benton Junction, Anda bisa menemui banyak tempat makan enak. Salah satunya Plate by Plate yang lokasinya persis di sebelah Betawi Kitchen.

Awalnya kami menduga restoran ini menyajikan menu Barat. Tetapi Plate by Plate rupanya menawarkan menu Asia. Pilihannya lengkap mulai dari mie, hot pot, sayuran, dan aneka nasi.

Plate by Plate: Gurih Enak Ayam Goreng Berbumbu Rempah Ada di SiniFoto: detikFood

Datang dalam keadaan lapar kami memesan Potsticker (Rp 39.800) dari deretan menu pembuka, Pad Thai (Rp 59.800), dan Crispy Five Spice (Rp 58.800) sebagai santapan utama.

Potsticker adalah 5 buah dumpling goreng dengan pelengkap saus ponzu. Nampak ukuran dumpling cukup besar dengan kulit berwarna kecokelatan. Sepertinya dumpling digoreng dengan sedikit minyak di atas wajan sehingga menghasilkan beberapa totolan gosong di kulitnya.

Plate by Plate: Gurih Enak Ayam Goreng Berbumbu Rempah Ada di SiniFoto: detikFood

Nyamm! Kulit dumpling rupanya tetap empuk meskipun digoreng. Berpadu enak dengan isian gurih yang terdiri dari cincangan daging ayam, udang, dan daun bawang. Begitu dicocol ke saus ponzu, ada sentuhan rasa asam segar yang enak. Cocok menjadi pelengkap dumpling goreng.

Tampilan Pad Thai tak kalah menarik selera. Apalagi ada aroma gurih enak yang menguar begitu sajian dihidangkan.

Mie goreng khas Thailand ini diberi banyak isian seperti daging ayam, udang, tahu, telur, dan tauge. Sementara pelengkapnya berupa tauge mentah, gerusan kacang tanah, dan jeruk nipis.

Cita rasa Pad Thai yang manis, asam, dan gurih tercecap dari sajian ini. Isian yang lengkap membuat rasa Pad Thai makin enak. Kalau mau lebih asam, Anda bisa mengucurkan jeruk nipis tambahan.

Plate by Plate: Gurih Enak Ayam Goreng Berbumbu Rempah Ada di SiniFoto: detikFood

Santap siang makin lengkap dengan sajian andalan restoran, Cripsy Five Spice. Berupa ayam goreng berbumbu rempah yang disajikan dengan nasi putih. Ayamnya sudah dipotong kecil-kecil sehingga lebih mudah disantap.

Diantara potongan daging ayam terlihat gumpalan bumbu dalam jumlah royal. Juga pelengkap daun ketumbar segar di atasnya.

Kami mencecap rasa bawang putih dan lengkuas yang kuat pada potongan daging ayam empuk ini. Enaknya lagi bumbu meresap hingga ke tulang ayam. Membuat kami makin semangat menghabiskan nasi hangat.

Sebagai penutup, Milk Cover Strawberry Rose Tea (Rp 25.800) patut dicoba. Minuman sejenis es teh ini dibuat dengan cara mengekstrak teh mawar selama 1 menit menggunakan mesin dan air hangat. Setelah tercampur, barulah teh dituang dalam gelas berisi sirup strawberry.

Plate by Plate: Gurih Enak Ayam Goreng Berbumbu Rempah Ada di SiniFoto: detikFood

Sentuhan akhirnya berupa kocokan susu segar yang ditambahkan di atasnya. Berikut taburan bubuk ubi ungu. Perpaduan warna merah, ungu, dan putih membuat minuman ini begitu cantik. Cita rasa manis khas sirup strawberry terasa kuat sehingga menghilangkan jejak tehnya. Berpadu enak dengan susu segar yang gurih.

Nah, kalau siang ini melintas di Karawaci, Anda bisa mengisi perut di sini. Masih ada ragam sajian Asia menarik lainnya yang bisa dicoba. Seperti wonton goreng, tom yum, hingga pho Vietnam.



Plate by Plate

Benton Junction Nomor 30
Jalan Boulevard Palem Raya
Karawaci, Tangerang
Telepon: 021 5468029

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com