Rock: Sajikan Ayam dan Nasi Korea yang Enak dan Mantap

Maya Safira - detikFood Kamis, 05 Jan 2017 12:28 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Tertarik mencicipi jjimdak? Olahan ayam Korea mirip semur, ada di resto ini. Begitu juga dengan bibimbap berpadu mentega yang gurih.

Sedang berada di STC Senayan, kami mencari makanan enak untuk santap siang. Salah satu yang menarik perhatian adalah 'Rock' Korean Kitchen and Bar. Restoran ini memadukan sajian Korea modern dengan sentuhan masak gaya Barat. Chefnya juga berasal dari Korea.

Masuk ke restoran, pengunjung disambut suasana temaram. Pencahayaannya tidak terlalu terang, seperti di bar. Tampak jejeran meja hitam dilengkapi kursi merah. Memberi kesan maskulin sekaligus misterius.

Seorang pramusaji menghampiri kami untuk memberi buku menu. Dalam satu lembar menu, pilihan makanan terbagi menjadi beberapa bagian.

Ada sup, daging sapi, ayam, seafood, ikan bakar, Korean pancake, mie dan nasi. Termasuk menu Odeng-tang, Dubu Jeongol, Tteokgalbi, Dakgangjeong, Haemul Japchae, Rock Bibimbap, Kimchijeon dan masih banyak lagi.

Kami akhirnya memesan Jjimdak (Rp 120.000) dan Butter Jangjorim Bibimbap (Rp 95.000). Sambil menunggu, pramusaji memberikan kami segelas teh Korea gratis yang bisa refill dan handuk hangat.

Rock: Sajikan Ayam dan Nasi Korea yang Enak dan Mantap Foto: Detikfood


Kemudian datang lagi aneka banchan. Mulai dari tumisan bayam, kimchi pedas renyah, acar mentimun, hingga salad segar beraroma wijen. Tidak berhenti di situ, ada juga semangkuk bubur ubi yang creamy lembut. Makanan-makanan ini sudah cukup mengisi perut sebelum pesanan kami datang.

Setelah menunggu beberapa saat, pesana kami datang. Dalam satu piring lebar, tampak jjimdak berkuah cokelat pekat. Sajian ayam yang mirip semur ini memakai potongan kentang, wortel dan dangmyeon (glass noodle).

Ayamnya bertekstur empuk dengan kuah paduan gurih manis. Jejak soy sauce cukup terasa, sedikit mengingatkan kami akan rasa bumbu ayam goreng mentega.

Rock: Sajikan Ayam dan Nasi Korea yang Enak dan Mantap Foto: Detikfood


Daun bawang, cabai dan wijen juga melengkapi sajian. Tapi bagi kami rasa pedas cabainya kurang tercecap. Meski begitu citarasa jjimdak cukup enak. Apalagi ada pemakaian mie kenyal yang membuatnya makin komplet.

Selanjutnya kami mencoba Butter Jangjorim Bibimbap. Menu ini termasuk hidangan klasik favorit orang Korea di masa kecil. Sederhana saja, nasi panas diberi mentega. Kemudian diberi pelengkap daging berbumbu.

Di Rock, nasi bermentega diberi topping orak arik telur, irisan daun bawang dan irisan jangjorim. Jangjorim merupakan olahan daging berwarna kecokelatan yang dimasak bersama soy sauce dan gula atau madu.

Rock: Sajikan Ayam dan Nasi Korea yang Enak dan Mantap Foto: Detikfood


Aroma mentega langsung menguar ketika kami mengaduk nasinya. Nasi pulen terasa makin sedap dengan pemakaian mentega. Ditambah adanya telur orak-arik lembut. Sementara suwiran dagingnya juga empuk bercitarasa gurih manis. Enak dan mengenyangkan!

Hidangan nasi tersebut dihidangkan bersama miyeokguk (sup rumput laut). Rasanya gurih beraroma rumput laut. Isinya ada rumput laut tembut dan tteok (rice cake) kenyal. Segar disantap selepas makan nasi.

Setelah makan, kami masih diberikan segelas sikhye (minuman manis dari beras) dingin segar dan kue jahe manis. Pelayanan restoran benar-benar memuaskan.

Meski tidak memesan banyak, perut terisi penuh dengan berbagai komplimen yang diberi restoran. Hidangan Korea yang disajikan juga sesuai untuk selera kami. Lain kali mungkin kami akan mencoba sajian lainnya yang ditawarkan Rock. Termasuk camilan seperti Kkul Hotteok, Haemul Pajeon dan Kimbap.

Rock Korean Kitchen & Bar
STC Senayan Ground Floor 110-113
Senayan
Jakarta Selatan
Telp: 021-72939211 (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com