Pangkep 33: Huah! Enaknya Tersengat Pedas Kepiting Saus Lada Hitam

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 27 Des 2016 12:03 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
Jakarta - Sesekali enak juga menikmati kepiting untuk makan siang. Daging kepiting yang lembut sangat pas berpadu dengan saus lada hitam yang pedas. Mantap!

Anda pecinta seafood? Restoran ini bisa jadi pilihan. Pangkep 33 merupakan salah satu restoran seafood asal Makassar yang legendaris. Sudah buka sejak tahun 1980 dan buka pertama kali di jalan Biak, Jakarta Pusat. Pangkep sendiri didapatkan dari salah satu nama daerah di Sulawesi Selatan.

Punya banyak cabang, kini Pangkep 33 membuka franchise pertamanya di kawasan Alam Sutera, BSD. Menempati ruko dua lantai, tempat ini bisa jadi pilihan makan seafood enak.

Tersedia aneka ikan dan seafood dengan beragam olahan. Ikan Mangali, Aji-aji, Pakul, Sukang hingga Baronang bisa dimasak dengan bumbu rica, parape, asam manis, saus tauco, saus tiram serta saus lada hitam.

Semua ikannya didatangkan secara segar dari restoran pusat. Di bagian bawahnya juga tersedia ikan di dalam pendingin yang bisa Anda pilih. Dibanding di ruang bawah, kami lebih memilih tempat makan di atas karena tak menyatu dengan dapur.

Sebelumnya, kami pernah mencoba Ikan Bakar Aji-aji dan Cumi Goreng Tepung dan rasanya tak mengecewakan. Kembali ke sini, kami memilih untuk mencoba menu lainnya seperti Ikan Pakul Bakar Rica (Rp 42.500) dan Kepiting Laki Lada Hitam (Rp 195.000).

Pangkep 33: Huah! Enaknya Tersengat Pedasnya Kepiting Saus Lada HitamFoto: Lusiana Mustinda/detikFood
Ikan Pakul atau dikenal juga dengan ikan ayam-ayaman. Ikan ini biasanya hidup di kedalaman sekitar karang. Memiliki bagian kulit yang keras, ikan ini memang cocok diolah dengan cara dibakar.

Aroma ikan bakar yang sedap makin membuat perut terasa lapar. Ikan dibelah menjadi dua dan diberi topping sambal rica. Berwarna kuning cokelat keemasan, daging ikan memiliki tekstur yang cukup padat dengan rasa gurih.

Makin enak dinikmati bersamaan dengan ulekan sambal merah yang dipadu dengan potongan bawang merah dan irisan cabai rawit. Huah, pedas! Saat dibalik, bagian sisik ikan perlu dikeruk karena pembakarannya berwarna kehitaman sehingga lebih enak disingkirkan.

Selain ikan bakar, salah satu yang jadi andalannya adalah kepiting. Di sini, kepiting disajikan dalam berbagai racikan seperti goreng telur asin, saus padang hingga lada hitam.

Seporsi kepiting merah seberat 5 ons tersaji sangat menggugah selera. Lumuran saus lada hitam yang pekat dan mengkilat dengan semburat lada yang kuat sangat nikmat dimakan dengan nasi hangat. Sausnya berwarna hitam dengan tekstur yang agak lengket seperti karamel.

Pangkep 33: Huah! Enaknya Tersengat Pedasnya Kepiting Saus Lada HitamFoto: Lusiana Mustinda/detikFood
Cangkang kepitingnya sudah diretakkan sekaligus dilengkapi dengan alat pemecah cangkang kepiting sehingga lebih memudahkan Anda mengambil daging kepiting.

Dagingnya terdapat pada bagian capitnya. Tekstur dagingnya lembut dan gurih enak. Karena diolah dengan kepiting segar, dagingnya memiliki citarasa yang agak manis. Makin enak disuap bersama dengan nasi dan saus lada hitam. Tanganpun sibuk menjelajahi cangkang untuk menemukan daging yang tersembunyi.

Puas menikmati makanan, segarkan mulut dengan sajian dingin. Es gila buah (Rp 19.800) bisa jadi pilihan. Aneka potongan buah dan jelly dengan serutan es membuat makan siang ini makin lengkap.

Pangkep 33: Huah! Enaknya Tersengat Pedasnya Kepiting Saus Lada HitamFoto: Lusiana Mustinda/detikFood
Oh ya, tak perlu khawatir soal rasa. Pasalnya Pangkep 33 cabang ini sudah mendapatkan racikan bumbu langsung dari Pangkep pusat yang dikirim setiap hari sehingga rasa dan aromanya tetap autentik.

Jika berkantor di sekitaran Alam Sutera, tempat ini bisa jadi pilihan. Yuk, mampir!

Pangkep 33
Ruko Prominence Blok G No. 16
(Sebelah All Fresh)
Alam Sutera, Tangerang
Telp: (021) 29779385

Jl. Pluit Raya No. 12 A
Pluit, Jakarta
(021) 6632296

Jl. Batu Ceper No. 63
Pecenongan, Jakarta
Telp: (021) 3523783 (lus/odi)