Sanukiseimen Mugimaru: Hangatkan Badan dengan Udon Lembut Bertopping Daging dan Onsen Tamago

Maya Safira - detikFood Selasa, 29 Nov 2016 13:06 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Suka udon? Hangatkan diri saja di tempat ini. Ada aneka pilihan topping udon lengkap dengan tempura.

Neo Soho Mall termasuk tempat perbelanjaan baru di kawasan Jakarta Barat. Sambil cuci mata, pengunjung bisa mencicip makanan di beberapa restoran yang sudah buka.

Bagi penyuka udon, ada Sanukiseimen Mugimaru yang menawarkan bermacam varian udon. Restoran dari Jepang dengan spesialisasi udon ini memang baru buka cabang di Neo Soho sejak September lalu. Kami pun mencoba membuktikan rasa udon yang ditawarkan Sanukiseimen Mugimaru.

Sanukiseimen Mugimaru: Hangatkan Badan dengan Udon Lembut dengan Topping Daging dan Onsen TamagoFoto: Detikfood


Restoran punya interior bergaya Jepang. Didominasi pemakaian kayu cokelat muda yang memberi kesan hangat. Open kitchen dibuat mirip seperti stall mie Jepang. Pembeli pun bisa melihat pembuatan udon dan tempura dari luar dapur.

Pemesanan makanan memakai sistem self service. Konsumen mengambil nampan lalu memesan menu yang diinginkan pada staf di area dapur. Pilihannya ada udon ataupun donburi.

Untuk udon terdapat 12 menu. Antara lain Zaru Udon, Niku Udon, Kitsune Udon, Hiyashi Niku Miso Udon, Beef Curry Udon hingga Ebi Spicy Tomato Udon. Sementara menu nasinya seperti Chicken Katsu Curry, Ebi Fry Don, Chicken Teriyaki Don, Gyu Don dan Soboro Don.

Setelah memilih makanan, konsumen bisa beranjak ke bagian tempura. Di sana ada beragam gorengan khas Jepang. Termasuk ebi tempura, ebi fry, kakieage, croquette, chicken katsu, dan karaage. Setiap Senin-Kamis sedang ada promo Beli 1 Gratis 1 tempura khusus untuk makan di tempat.

Kamipun memesan Gyuniku Ontama Udon (Rp 51.000), Ebi Tempura (Rp 12.000) dan Spicy Ebi Don (Rp 48.000). Sesudah membayar, kami bisa mengambil sendiri pelengkap untuk udon dan tempura di meja khusus. Ada irisan cabai rawit, daun bawang, remahan gorengan, saus sambal, saus tempura dan lainnya. Jika memesan ocha juga bisa mengambilnya sendiri di area ini.

Sanukiseimen Mugimaru: Hangatkan Badan dengan Udon Lembut dengan Topping Daging dan Onsen TamagoFoto: Detikfood


Gyuniku Ontama Udon termasuk sajian favorit restoran. Berupa udon yang diberi topping daging, onsen tamango (telur setengah matang) dan irisan daun bawang. Aroma gurih dari kuah udon yang mengepul panas, sukses membuat kami tergoda segera mencobanya.

Udon buatan restoran terasa lembut dan kenyal empuk. Berpadu enak dengan kuah udon yang gurih. Terasa paduan dashi dan shoyu dalam kuah ini.

Irisan daging yang jadi toppingnya terasa manis dan teksturnya lumayan empuk. Diberi campuran irisan bawang bombay dan bumbu agak mirip teriyaki. Bagi kami, lebih pas jika rasa bumbu dagingnya gurih.

Sanukiseimen Mugimaru: Hangatkan Badan dengan Udon Lembut dengan Topping Daging dan Onsen TamagoFoto: Detikfood


Penyuka onsen tamago atau ontama pastinya akan senang dengan highlight hidangan ini. Ontama terasa begitu lembut dengan lelehan kuning telur ketika ditusuk.

Saat kuning telur diaduk bersama kuah udon, rasanya jadi lebih gurih creamy. Tidak ketinggalan semburat sedikit aroma telur. Jika ingin rasa pedas, bisa menambahkan irisan cabai rawit.

Udon terasa makin lengkap dengan tempura. Ebi tempura yang kami pesan punya tekstur tepung yang garing renyah pada permukaannya. Daging udangnya juga cukup segar renyah.

Namun bagian dalam tepungnya agak terlalu tebal dan sedikit lembab bagi kami. Citarasanya pun agak keasinan bagi lidah kami. Rasanya cukup berimbang ketika dicocol ke saus tempura kecokelatan yang gurih sedikit asam.

Terakhir kami mencoba menu donburi baru di sini. Ada Spicy Ebi Don yang berisi nasi dengan topping telur orak arik dan udang berbumbu kental pedas.

Sanukiseimen Mugimaru: Hangatkan Badan dengan Udon Lembut dengan Topping Daging dan Onsen TamagoFoto: Detikfood


Nasi ditumpuk dengan orak arik telur berwarna kuning yang lembut manis. Kemudian ada 6 potong udang dimana 5 udang berukuran kecil dan 1 ukurannya besar.

Nasi yang cukup pulen enak disuap dengan udang goreng tepung berbumbu. Udang ini dibaluri saus tomat pedas yang sedikit mengingatkan rasa bbq dan bawang putih. Terasa paduan manis, gurih, asam dan pedas. Udangnya juga bertekstur segar renyah.

Nah, jika siang ini belum ada pilihan santapan, coba saja mampir ke Sanukiseimen Mugimaru. Nikmati aneka menu Jepang di sini.

Sanukiseimen Mugimaru
Neo Soho Mall Lt. 4
Jl. Letjen S. Parman Kav 28
Jakarta Barat
Telp: 021-27893387 (msa/odi)