Tanoshii: Slurrpp! Nikmatnya Ramen Berkuah Pedas dengan Topping Daging Sapi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Sep 2016 11:42 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Resto Jepang di Depok ini punya menu populer. Ada ramen hingga donburi yang sedap mengenyangkan.

Sudah lama kami tertarik mampir ke resto Jepang di kawasan Margonda Raya, tepatnya di ruko dekat Perumahan Pesona Khayangan. Bernama Tanoshii, resto ini menawarkan ramen dan donburi sebagai menu andalan.

Interiornya ditata dengan suasana Jepang yang kental. Ada bangku dan meja kayu, hiasan komik di dinding, dan alunan lagu pop Jepang yang mengiringi pengunjung bersantap.


Pilihan ramen Tanoshii rata-rata bercita rasa pedas sehingga dinamai 'Spicy.' Hanya saja isiannya berbeda seperti daging sapi, daging ayam, seafood, atau tempura. Ada pula ramen yakiniku dan miso.

Untuk donburi tersedia topping Ten Don (tempura), Gyu Don (potongan daging sapi), hingga Tori Blackpepper Karage Don (daging ayam goreng tepung lada hitam). Beberapa donburi juga dibuat dengan tambahan kari.

Kalau mau yakimeshi (nasi goreng Jepang), udon, atau aneka sushi juga tersedia.

Kamipun tertarik mencicip Beef Spicy Ramen (Rp 38.000), Salmon Furai Don (Rp 38.000), dan Ice Cream Tempura Green Tea (Rp 25.000) untuk santap siang.

Dalam mangkuk porselen nampak Beef Spicy Ramen diberi pelengkap telur rebus, irisan daging sukiyaki, sawi, jamur kuping, wakame, dan daun bawang.


Kuah ramen terasa gurih segar dengan jejak rasa pedas cukup kuat. Agaknya rasa pedas berasal dari penggunaan bubuk cabai atau sichimi togarashi. Sementara dalam kuah ramennya tercecap rasa kaldu dan shoyu lumayan kuat.

Ramennya sendiri terasa lentur dengan tingkat kematangan yang pas. Membuatnya enak diseruput bersama kuah.

Pelengkap ramen bikin ramen makin mantap. Irisan daging sapi yang lembut gurih serta irisan jamur kuping dan wakame yang kenyal. Kalau ingin pedas lebih nendang, tersedia bubuk cabai di tiap meja.

Salmon Furai Don berupa nasi dengan topping. Kali ini berupa salmon goreng tepung dan siraman saus kari. Ada pula potongan wortel yang terselip diantara kari. Serta lembaran nori di sisi nasi.


Hmmm... Wangi semerbak bumbu kari tercium dari sajian ini. Rasa rempahnya lembut khas kari Jepang dengan kekentalan yang pas. Berpadu enak dengan nasi pulen.

Toppingnya berupa fillet ikan salmon yang dilapisi tepung roti lalu digoreng menjadi seperti katsu. Bagian luarnya krenyes renyah, sementara dalamnya lembut gurih dengan aroma khas salmon yang kuat.

Kami menyukai donburi ini. Sayangnya saus kari yang diberikan kurang banyak sehingga tidak bisa 'menemani' nasi dan salmon hingga suapan terakhir.

Santap siang kami tutup dengan Ice Cream Tempura Green Tea. Berupa es krim green tea yang disajikan bersama roti goreng, cacahan kacang tanah, dan saus cokelat.


Karena dibuat a la minute, dessert ini terasa fresh dan memuaskan. Roti goreng hangatnya empuk gurih dengan balutan es krim green tea yang manis pahit.

Kacang tanah yang renyah dan saus cokelat membuat dessert ini makin mengenyangkan.

Sesuai kata 'Tanoshii' yang berarti menyenangkan dalam bahasa Indonesia, santap siang kami di sini begitu menyenangkan. Perut kenyang setelah menyantap ragam sajian Jepang. Itadakimasu!

Tanoshii
Jalan Margonda Raya Nomor 234
Depok
Telepon: 021 77212750

(adr/odi)