Nasi Pedas & Bebek Crispy Dewata: Huah! Nikmatnya Nasi Campur dan Bebek Renyah Khas Bali

ADVERTISEMENT

Nasi Pedas & Bebek Crispy Dewata: Huah! Nikmatnya Nasi Campur dan Bebek Renyah Khas Bali

Lusiana Mustinda - detikFood
Jumat, 16 Sep 2016 12:23 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Makan di tempat ini dijamin segar berkeringat. Karena ada nasi campur Bali gaya rumahan yang sedap. Pedas dan mantap!

Berada di kawasan Serpong, kami tertarik untuk mencicip nasi Bali yang sedap. Tempatnya di Ruko Boulevard Gading Serpong Anda dapat menemukan rumah makan sederhana bernama 'Nasi Pedas & Bebek Crispy Dewata'.

Memiliki sistem prasmanan, Anda bisa langsung menunjuk lauk yang Anda sukai. Menunya terjajar rapih di dalam etalase kaca. Ada ayam pelalah, ayam bumbu Bali, abon ayam, sate lilit, lawar, urap hingga gulai krecek. Gaya pelayanannya tak beda dengan warung nasi campur Bali umumnya.

Kalau ingin mencoba menu a la carte, Anda juga dapat memesan Bebek Crispy Set, Nasi Barong hingga Mie Bakar yang sedap.

Kangen dengan masakan rumahan, ada sederet menu yang akhirnya jadi pilihan kami. Nasinya boleh dipesan satu atau setengah. Lauknya terdiri dari ayam pelalah, lawar sayuran, usus goreng tepung dan sambal matah.

Nasi hangat, disiram dengan kuah pedas berwarna kuning. Semburat rasa kunyit ringan plus perpaduan kemiri dan bawang putih disiram sehingga rasanya lebih enak dan pedas.

Lawar sayurnya (Rp 7.000) terdiri dari cincangan nangka muda, kacang panjang dan campuran parutan kelapa. Rasanya renyah gurih dengan jejak rasa kunyit dan aroma segar yang berasal dari daun jeruk.

Nasi hangat dan kuah pedas, makin enak disantap dengan ayam pelalah (Rp 12.000) . Suwiran ayam dengan sensasi rasa manis pedas. Warnanya oranye dengan tekstur daging yang agak berserat, rasanya mirip seperti ayam bakar. Huah, pedas!

Jangan lupa padukan dengan usus goreng pedas manis yang jadi ciri khas rumah makan ini (Rp 13.000). Rasanya pedas tapi manis, dengan tekstur renyah, makin enak disantap dengan nasi dan lawar.

Kami tak memesan ayam bumbu Bali, tapi sate lilit (Rp Rp 5.000) yang mungil dipanggang hingga kecokelatan ternyata sedap. Gurih ayam dan kelapa beradu seimbang dengan bumbu yang agak manis. Sedangkan sambal matahnya (Rp Rp 3.000) diracik dengan irisan bawang merah, kecombrang, cabai rawit ditambah dengan minyak. Rasanya gurih segar!

Bagi Anda yang tak suka sengatan bumbu yang terlalu tajam, ada pilihan menu lain yang enak. Nasi hangat dengan kuah pedas makin komplet disantap dengan krecek Bali (Rp 12.000). Perpaduan kuah santan yang agak encer dipadukan dengan kerupuk kulit yang kenyal lembut plus cabai rawit oranye yang pedas dengan sentuhan aroma khas lengkuas dan ketumbar gurih.

Selain sambal matah, ada juga pilihan sambal yang tak kalah juara yaitu sambal goreng. Sambal goreng dengan warna oranye memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Enak dipadukan dengan abon ayam (Rp 5.000) bertekstur lembut dengan rasa agak manis.

Bebek crispy (Rp 52.000) khas Bali ternyata jadi andalan rumah makan ini. Walau harganya cukup mahal, ternyata porsi yang disajikan juga royal karena ukuran daging yang besar. Bebek garing kecokelatan lengkap bersama nasi, lawar sayur dan dua jenis sambal.

Kress! Bagian luar daging bebek terasa renyah saat dikoyak. Terjejak rempah lengkuah yang wangi, daging bebekpun terasa lembut dan gurih. Makin enak dan mengenyangkan disantap dengan sesuap nasi pulen.

Di bagian atas bebeknya tersaji taburan serundeng. Berbeda dengan serundeng Jawa, ternyata Bali memiliki rasa yang gurih yang berasal dari kelapa dengan paduan rasa ketumbar.

Seporsi bebek crispy dipadukan dengan tambahan lawar sayur, potongan timun dan dua sambal enak yaitu sambal matah dan sambal goreng.

Untuk redakan rasa pedas, Anda bisa memesan cincau hijau (Rp 15.000) dan juga es jeruk nipis yang manis asam (Rp 10.000). Dijamin segar!

Jelang hari libur, boleh juga menikmati santai sejenak dengan sajian lezat khas Pulau Dewata. Apalagi bisa menuntaskan kangen dengan masakan rumahan Bali yang eksotik dan kaya rempah. Mampir yuk!

Nasi Pedas & Bebek Crispy Dewata
Ruko Boulevard Gading Serpong
Blok AA3 No. 35, Serpong
Telp: (021) 54201283
Buka: 11.00 - 22.00
(lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT