Monarchy Bistro: Makan Siang Spesial dengan Iga Panggang Berlumur Saus BBQ

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 01 Sep 2016 12:25 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Sesekali santap siang istimewa dengan menu Barat. Di bistro ini ada iga panggang BBQ yang empuk lembut dan pizza thin crust berbagai topping. Nyamm!

Bistro bersuasana nyaman dengan variasi menu makanan lezat selalu diburu banyak orang. Tak terkecuali Monarchy Bistro di Bogor yang kerap jadi tempat pilihan anak muda untuk bersantai.

Bistro ini rupanya buka mulai pukul 10 pagi sehingga melayani makan siang. Ada ragam menu Barat seperti sandwich, burger, steak, pasta, dan pizza di sini. Kalau suka sajian Asia seperti omu rice, sup buntut, dan nasi goreng, tempat ini juga menyediakannya.

Area bistro terbagi dua yaitu indoor dan outdoor. Monarchy sepertinya mengusung konsep minimalis dan urban. Tercermin dari penggunaan dinding batu bata merah dan putih di beberapa sisiannya. Ada pula kayu-kayu berpelitur cokelat yang dijadikan meja dan bangku bistro.


Kalau suka suasana asri di siang hari, area outdoor bisa jadi pilihan. Adanya dinding penuh tanaman dan pencahayaan terang bikin bersantap makin menyenangkan.

Chips and Dips (RP 25.000) mengawali santap siang kami. Tortilla jagung yang renyah gurih ditaburi sedikit garam dan peterseli kering. Pelengkapnya berupa saus keju dan salsa.


Saus salsa diracik dari potongan tomat, bawang bombay, dan perasan lemon. Cita rasanya asam segar sehingga cocok jadi pendamping tortilla. Sementara saus kejunya terasa gurih ringan. Menurut kami rasa kejunya kurang kuat. Kalaulah kejunya sedikit ditambah, pasti saus ini jadi favorit kami.

Hidangan utama andalan Monarchy Bistro, Grilled BBQ Short Ribs (Rp 97.000) tak kami lewatkan. Berupa iga yang dipanggang di atas arang kemudian dilumuri saus BBQ. Pelengkapnya potato wedges dan green salad.

Nampak potongan iga berwarna kecokelatan dengan ukuran lumayan besar. Dagingnya empuk dan lembut, terbukti dari mudahnya kami menyobek daging menggunakan garpu dan pisau.


Saus BBQ yang royal menambah kelezatan daging dengan sentuhan rasa manis asam yang pas. Makin enak karena ada butiran lada hitam yang terselip diantara saus. Potato wedges membuat sajian ini tambah mengenyangkan. Potongan kentang yang empuk gurih ternyata enak berpadu dengan saus BBQ.

Sementara green salad yang tersusun dari lembaran romaine lettuce, potongan tomat ceri, dan air jeruk lemon cukup menyeimbangkan rasa gurih daging. Renyah segar dengan aksen rasa asam alami.

De-constructed Chicken Cordon Bleu Pizza (Rp 65.000) jadi menu berikutnya. Sesuai namanya, pizza thin crust diberi topping bahan cordon bleu. Berupa fillet dada ayam panggang, beef bacon, jamur, keju leleh, dan saus keju.

Hmmm... Aroma gurihnya begitu menggoda selera. Bagian pinggir pizza yang menggelembung dengan warna cokelat gelap mencirikan pizza ini dibuat a la Italia. Kress! Pizzanya begitu tipis renyah dengan sentuhan rasa gurih keju dominan.


Selingan dada ayam panggang dan beef bacon yang empuk gurih bikin pizza makin enak. Apalagi ada potongan jamur champignon yang kenyal. Tak terasa 8 potongan pizza habis dalam sekejap.

Santap siang kami tutup dengan Choco Lava (Rp 27.000). Di atas piring putih panjang, choco lava disajikan bersama es krim vanilla dan potongan buah strawberry. Cake cokelatnya disajikan hangat-hangat.


Begitu dibelah terlihat lelehan saus cokelat. Cakenya lembut manis dan sausnya tidak terlalu manis. Enak disuap bersama es krim vanilla yang dingin lembut dan strawberry segar. Benar-benar jadi pembilas mulut yang pas.

Kalau sedang ada di Bogor, sempatkan diri mampir makan siang di sini. Bisa juga menikmati santap sore atau malam karena bistro buka hingga pukul 10 malam pada hari biasa dan 12 malam pada akhir pekan. Selamat mencoba!

Monarchy Bistro
Jalan Pajajaran Indah V Nomor 37
Baranangiang, Bogor
Telepon: 0251 8324043 / 087872023967
Instagram: monarchybistro

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com