Hoolala Chicken Cafe: Mantap Mengenyangkan Ayam BBQ Korea dengan Topping Gurita

Maya Safira - detikFood Senin, 22 Agu 2016 12:39 WIB
Foto: Detikfood
Jakarta - Mau menikmati sajian ayam BBQ gaya Korea komplet dengan seafood? Datang saja ke tempat ini. Ada ayam, gurita hingga nasi kepal. Mengenyangkan!

Semakin banyak restoran ayam gaya Korea buka di Jakarta. Belum lama ini, Hoolala Chicken Cafe asal Korea Selatan ikut buka di Gandaria City Mall.

Yang berbeda dengan restoran sejenis, di restoran ini ayam dipadukan dengan seafood dalam satu sajian. Sampai tagline restoran berbunyi "Hoolala is seafood chicken!!"

Sedang berada di Gandaria City, restoran ini pun jadi tujuan. Terlihat bagian depan restoran didominasi warna kuning terang dan hitam. Membuatnya langsung menarik perhatian.



Sementara interior bagian dalam restoran memakai sentuhan industrial. Jejeran bangku kayu cokelat berada dalam ruang dengan lantai semen yang menegaskan desain industrial itu. Ada open kitchen juga yang bisa terlihat dari seluruh bagian restoran.

Di tiap meja restoran menyiapkan tumpukan piring hitam oval, garpu, pisau dan tisu. Tak ketinggalan wadah berlapis plastik untuk membuang sisa tulang ayam.

Seorang pramusaji menawarkan kami buku menu. Nampak foto artis pria Korea jadi model untuk brand ini muncul di hampir tiap halaman buku menu. Bersanding dengan aneka gambar makanan.

Mengenai menunya sendiri, seafood chicken jadi andalan. Ada pilihan ayam goreng/BBQ dipadukan dengan gurita, cumi, baby crab, atau udang. Selain itu terdapat Charcoal Cheese Barbecue, Charcoal Seafood Barbecue, Fried Chicken & Cheese Potato, Soy Sauce Fried Chicken hingga Red Hot Chicken.

Semua menu rata-rata berporsi besar. Cocok untuk dimakan berempat atau lebih. Kami menjatuhkan pilihan pada Octoman Charcoal Barbecue (Rp 247.000). Isiannya memadukan 1 ekor ayam saus BBQ dengan topping gurita goreng. Olahan ayam bisa dipilih 1-2 variasi saus BBQ. Kami mencoba 2 saus yaitu Hot Barbecue dan Garlic Barbecue.

Sambil menunggu hidangan dibuat, ada camilan gratis yang diberikan restoran. Awalnya kami disuguhi popcorn renyah berbumbu dalam mangkuk sedang. Selanjutnya datang lagi salad sayuran asam segar, jagung mayonnaise, dan acar bengkoang.



Kemudian barulah tampil ke meja sang bintang utama. Sebuah wadah stainless steel berkaki tiga terlihat disesaki berbagai makanan. Ada ayam yang terbagi dalam dua saus, gurita, 6 potong potato wedges, tteok (rice cake), 2 nasi kepal dan tumpukan irisan daun bawang. Permukaannya diberi taburan biji wijen.

Wadah ini dilengkapi pemanas di bagian bawah untuk menjaga makanan tetap hangat. Karena itu wadah diberi lapisan aluminium baru kemudian potongan bawang bombay. Baru di atasnya ada ayam dan gurita.

Pertama kami mencoba olahan gurita yang sudah digunting-gunting oleh pramusaji agar mudah memakannya. Gurita berukuran 400 gram digoreng dengan balutan tepung tipis. Lalu diberi saus soy sauce.



Gurita yang kenyal terasa sedikit renyah dari sisa tepung. Butuh kunyahan ekstra kuat saat menyantap daging gurita agar mudah ditelan.

Sausnya sendiri terasa manis dengan jejak soy sauce gurih. Bumbu ini terasa nikmat di lidah.

Ayam jadi tujuan selanjutnya. Satu ekor ayam dibuat jadi 18 potong. Lalu dibagi jadi dua bagian terpisah. Sebelah kanan berbumbu pedas, sementara kiri berbumbu bawang putih. Tiap bagian ayam diberi topping rice cake dan kentang goreng.

Ayam racikan Hoolala terasa empuk juicy. Bagi penyuka pedas bisa mencoba Hot Barbecue kemerahan yang menyengat. Tercecap paduan gochujang (pasta cabai Korea), gochugaru (bubuk cabai), dan soy sauce dalam sajian ayam panggang ini. Aroma smoky semakin menambah kenikmatan menyantapnya.

Sedangkan saus bawang putih terasa lebih ringan dan agak manis. Namun jejak gurih tetap terasa dari pemakaian soy sauce.

Rasa dan aroma bawang putih juga cukup kuat dalam olahan ayam berwarna kecokelatan ini. Potongan besar bawang putih pun ikut ditambahkan ke permukaan ayam.



Bagi kami semua saus yang digunakan pada ayam maupun gurita terasa pas dan enak. Khususnya untuk ayam, sausnya cukup meresap. Sehingga bagian dalam daging tetap terasa gurih.

Tteok yang disajikan sebagai pelengkap juga dibuat dengan kematangan tepat. Teksturnya kenyal lembut.

Hidangan ini semakin mengenyangkan dengan keberadaan nasi kepal yang agak besar. Nasi beraroma wijen diberi tambahan cincangan gim (rumput laut kering). Rasa nasi ini cenderung agak manis.

Selain makanan, pengunjung bisa menyesap aneka minuman di Hoolala Chicken Cafe. Termasuk racikan minuman beralkohol yang unik, teh, kopi, hingga milkshake.

Bila ingin mencari makanan komplet mengenyangkan untuk disantap ramai-ramai, coba saja mampir ke sini!

Hoolala Chicken Cafe
Gandaria City Mall Lt. Ground
Jl. Sultan Iskandar Muda
Jakarta Selatan (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com