Ippon Ramen: Slurp! Hangat Gurih Ramen Berkuah Hitam dengan Topping Tamago dan Tori Chashu

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 09 Agu 2016 12:10 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Siang ini enaknya menyantap ramen. Anda dengan bebas memilih topping dan isiannya. Slurp, hangat dan mengenyangkan!

Di Jakarta banyak sekali gerai yang menjual ramen. Mampir ke Kemang Village, kami menemukan gerai ramen bernama Ippon Ramen. Dengan interior bernuansa krem dan biru tempat ini cukup ramai dikunjungi tamu.



Menggunakan sistem self service, sebelum duduk Anda perlu memesan dan membayar makanan terlebih dahulu.

Anda akan melihat secara langsung proses pembuatan ramen. Mulai dari direbus hingga pencampuran bumbu dan juga kaldu.

Untuk ukurannya, bisa pilih reguler ataupun porsi jumbo. Sedangkan rasanya tersedia shio, shoyu, miso, kuro dan tobanjang yang pedas.

Sayangnya, ramen disini tidak disajikan dengan paket pelengkap. Anda perlu memesan secara terpisah untuk toppingnya. Pilihannya ada dua jenis chashu yaitu daging babi dan ayam, tamago (telur), menma (rebung) dan juga nori.

Tak hanya itu, ada juga menu lainnya yang bisa dipesan seperti nasi goreng Jepang, karage, gyoza, calamari serta salad.

Kami memesan ramen dengan pilihan kuah kaldu ayam ukuran reguler (Rp 40.000) dengan rasa kuro berwarna hitam.

Warna hitamnya berasal dari bawang putih yang dipanggang hingga hitam kemudian diambil minyaknya.



Seruputan pertama terasa yang gurih khas bawang putih. Mienya tipis dan mulur sangat enak disantap dengan kuah kaldu serta taburan irisan daun bawang, tauge panjang dan jamur.

Kami menambahkan tamago (Rp 10.000) yang merupakan telur setengah matang pada sajian ini. Hmm, tekstur telurnya kenyal dengan bagian kuning yang lumer. Rasanya gurih dan manis!

Tak lengkap jika menikmati ramen tanpa topping daging. Akhirnya kami memesan Tori chashu (Rp 35.000) dengan isi 5 buah. Irisan daging yang lembut ini enak dipadu dengan kuah ramen yang kental.



Jika kuro rasanya gurih, justru miso memiliki rasa yang lebih mild (Rp 40.000). Konsistensi kuahnya agak kental dengan warna putih kekuningan. Kuah kaldu ayamnya terasa tidak terlalu asin.



Kami menambahkan aneka pelengkap yang sudah disediakan. Ada cincangan bawang putih, bawang putih goreng, cabai giling dan juga sambal ulek yang pedas.

Gyoza panggang (Rp 35.000) juga bisa jadi pilihan. Lapisan kulit pangsit yang lembut diisi dengan irisan daun bawang, cincangan bawang putih dan daging ayam.



Disajikan hangat-hangat sehingga saat digigit kaldu yang berada di dalamnya keluar. Hmm, gurih dan juicy. Semakin gurih dicocol dengan kuah shoyu.

Kalau sedang ingin makan ramen, tempat ini bisa jadi pilihan!

Ippon Ramen
Lippo Mall Kemang Village
Avenue of The Star lantai UG floor OD 03
Jl. Pangeran Antasari No. 36
Jakarta Selatan
Telp: (021) 29528388 (msa/odi)